Jumat, 27 April 2018 | 08:51
08

Syarat SK Menkumham Dipermasalahkan DPR

SEJUMLAH anggota Dewan Perwakilan Rakyat meminta Komisi Pemilihan Umum untuk tidak memasukan persyaratan pengesahan partai politik berdasarkan Surat Keputusan dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk mengikuti pemilihan Kepala Daerah serentak.

 
Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamaruzaman mengatakan aturan itu menyulitkan partai politik sebagai perserta untuk ikut pelaksanaan pilkada. “Keharusan parpol harus ada SK dari menkumhham. PKPU dibuat begitu dari rujukan undang-undang mana?,” ujarnya pada saat rapat konsultasi bersama KPU di Gedung DPR RI, Jakarta, kemarin.

 
Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Epyardi Asda berpendapat KPU harus membuat aturan dan langkah komprehensif terkait partai politik yang sedang bersengketa. Dia mengatakan KPU dapat mengundang ahli hukum tata negara bersama Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu untuk meminta pandangan karena dualisme kepengurusan ini merupakan isu sensitif.

 
Sementara itu, anggota Komisi II dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Manik Haramain berpendapat KPU sejak dulu sudah mempunyai standar perihal terhadap partai politik yang sah dan diakui untuk ikut dalam pemilihan kepala daerah. Namun persoalan ini muncul karena adanya konflik internal politik.

 
“KPU tidak perlu menyimpulkan terburu- buru siapkan saja standarnmya untuk menetukan sikap parpol mana yang diakui,” usul dia. Menanggapi hal ini Komisioner KPU Ida Budiarti menjelaskan bahwa dalam menyusun PKPU, tentu KPU sebagai penyelenggara pemilu memerhatikan undang-undang lain selain UU Pilkada untuk menyelaraskan dan memberikan pelayanan kepada partai politik.

 
Mengacu pada UU parpol disebutkan bahwa Kementrian Hukum dan Hak yang memberikan otoritas untuk melakukan pengesahan terhadap kepengurusan dan perubahan kepengurusan parpol lewat surat keputusan. “Persoalannya SK Menkumham sedang menjadi objek sengketa di PTUN, itu memang harus direspon. Kami belum sampai pada keputusan akhir mengenai ini,” aku Ida. (mi/R-2)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz