Sabtu, 21 April 2018 | 19:26
6

Sudah Satu Minggu PLN Semau tak Beroperasi

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) unit Pulau Semau, Kabupaten Kupang sudah seminggu belakangan ini tidak beroperasi. Masyarakat merasa dirugikan dengan
kejadian itu. Masyarakat meminta pihak terkait untuk mengaudit kinerja petugas PLN Unit Semau.

 
Aldi Timung, warga Desa Uiasa, Kecamatan Semau kepada VN, Senin (20/4) mengatakan bahwa petugas PLN Unit Pulau Semau tersebut tidak menghidupkan PLN tersebut
sudah seminggu lamanya baik siang dan malam. Hal tersebut dinilainya sangat merugikan, karena selain mengakibatkan barang-barang elektronik masyarakat rusak, juga menghambat proses kegiatan gerejawi yang sedang berlangsung.

 
“Mereka tidak kasih menyala listrik sudah satu minggu, bahkan saat orang kebaktian di gereja juga tidak nyala,” ungkapnya. Aldi melanjutkan bahwa masyarakat sekitar pernah mendatangi para petugas tersebut, namun seorang petugas mengancam untuk tidak menyalakan listrik dalam waktu yang lama. “Masa kami datang tanya alasan kenapa padam satu minggu, malah dong ancam untuk tutup PLN untuk pulang Kupang,” lanjutnya.

 
Ia meminta pihak berwajib untuk mengecek masalah tersebut karena disinyalir langkah tersebut dilakukan petugas PLN untuk menekan biaya produksi demi kepentingan
sepihak. Melkianus, warga Kecamatan Semau Selatan juga membenarkan masalah tersebut.

 

Bahkan, ia mengatakan bahwa pihak PLN Unit Semau terkesan acuh tak acuh di saat ada komplain dari masyarakat menyangkut pemadaman tersebut. “Tindakan petugas PLN tersebut dapat membuat masyarakat luas berspekulasi bahwa bahan bakar yang tidak dipakai saat pemadaman tersebut sudah dijual ke pihak swasta,” tegasnya.

 
Ia melanjutkan, tindakan dari PLN Unit Semau tersebut seharusnya tidak perlu diterjadi karena di Pulau Semau sendiri juga terdapat satu unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). “Kalau alasan daya kurang, itu tidak tepat karena sekarang warga yang lain memakai PLTS,” tegasnya.

 
Ia meminta pihak berwenag, dari camat hingga bupati untuk segera mengecek dan memberikan sanksi kepada pada petugas nakal tersebut. Sedangkan Camat Semau, Maxi Buifena saat diminta konfirmasinya melalui telepon selulernya, membenarkan jika listrik di wilayah tersebut sempat padam beberapa hari.

 
Buifena mengatakan bahwa hingga saat ini pihak PLN Unit Semau belum memberikan alasan kepada masyarakat menyangkut pemadaman tersebut. Hingga berita ini diturunkan, baik Pimpinan Unit PLN Semau Jeck dan rekan-rekannya belum bisa dikonfirmasi. Saat ditelepon ke polselnya di luar jangkauan. (C-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz