Kamis, 26 April 2018 | 23:31
FOTO HAL REGIONAL 140415 SABU copy

Stakeholders Diminta Antisipasi Kekeringan

DALAM mengantisipasi kekeringan yang akan melanda Kabupaten Sabu Raijua yang telah dipredikisi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak tahun lalu, tidak bisa hanya berharap kepada pemerintah saja, tetapi semua komponen baik dari pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh masyarakat perlu bergandengan tangan menghadapai masalah tersebut.

 
Hal tersebut disampaikan Bupati Sabu Raijua Marthen Dira Tome pada saat pertemuan dengan masyarakat Sabu Barat di Gereja Efata Ledemanu, Senin (13/4). Kunjungan tersebut dalam rangka peningkatan solidaritas dan ikatan sosial di kalangan masyarakat Sarai dan memaparkan program pemerintah yang telah dan sedang dilakukan agar masyarakat bisa mengetahui dan mengerti dengan apa yang pemerintah lakukan dalam membangun Sabu Raijua.

 
Dira Tome lebih lanjut mengatakan, kekeringan sudah menjadi hal biasa di Sabu Raijua, namun dengan curah hujan yang sangat sedikit pada tahun ini mencemaskan pemerintah.  Menurutnya, cara mengatasi kekeringan bukan melaporkan kepada Pemprov atau Pemerintah Pusat bahwa sedang terjadi kekeringan, tetapi harus bekerja keras, karena masih banyak yang harus dikerjakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

 

“Kita harus kerja keras dan membuat terobosan-terobosan dalam mengatasi masalah ini,” tegas Dira Tome. Menurutnya, pemerintah telah melakukan kerja sama dan telah menandatangi MoU dengan UNDP untuk mengatasi kekeringan di 20 desa, program kerja samanya sudah mulai berjalan.

 
“Kami meminta supaya semua desa di Sarai mendapat bantuan program UNDP, namun hanya disetujui 20 desa saja,” katanya Sementara Pdt Karel Lobo meminta pemerintah harus mampu untuk mencari alternatif lain khususnya air minum bagi masyarakat, dengan mengubah air laut menjadi air tawar.

 

Selain itu, masyarakat juga harus memanfaatkan potensi air yang ada untuk kebutuhan rumah tangga dan pertanian. Sekalipun Sarai kering, tetapi masaih ada potensi yang harus digali guna peningkatan ekonomi masyarakat.

 
“Kita semua tokoh agama akan terus mendukung program pemerintah dan mengimbau kepada jemaat agar menjalankan program, baik di laut maupun di darat,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Desa Ledemanu Djadu SA Herewila mengatakan, pemerintahan dan masyarakat desa selalu mendukung semua program pemerintah. “Kita di desa selama ini mendukung semua program pembangunan yang diluncurkan Pak Bupati,” katanya.

 
Dalam kunjungan kerja tersebut, Bupati Dira Tome didampingi jajaran asisten, pimpinan SKPD, Danramil Seba Y Barata Alam, Kapolsek Seba Tomy Wila Huky, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda. (R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz