Sabtu, 21 April 2018 | 19:35
63

Sembilan Peserta Ikut Seleksi Tertulis Panwas

TIM seleksi (Timsel) Pantia Pengawas Pemilu (Panwas) Kabupaten/Kota dari Provinsi NTT dan Bawaslu RI melaksanakan seleksi tertulis kepada sembilan orang peserta seleksi calon anggota Panwas Kabupaten Sabu Raijua di ruang rapat Klasis Sabu Barat Raijua, Kamis (9/4).

 
Pelaksaan ujian tertulis tersebut dihadiri langsung Sekretaris Tim Seleksi Teresia Ratu Nubi, anggota tim Khalid Munardi, Palulitus Mawar, Pdt Boy R Takoy, Saleh dari Bawaslu RI, dan Kepala Kesbangpol Sabu Raijua Daud Saul Ndaumanu.

 
Sekretaris Timsel Teresia kepada VN mengatakan, ujian tertulis merupakan rangkaian dari tahapan seleksi untuk pemilihan anggota Panwas kabupaten/kota. Ada sembilan kabupaten/kota di NTT yang akan melangsungkan Pilkada serentak pada tahun 2015, salah satunya Kabupaten Sabu Raijua. Proses rekrutmen sudah dilangsungkan sejak sebulan yang lalu.

 
“Hari ini merupakan pelaksanaan tes tertulis, dan minggu depan akan mengikuti ujian wawancara dan tahapan terakhir adalah fit and propert test,” katanya. Ditambahkannya, materi ujian tertulis lebih banyak berkaitan dengan tugas dan fungsi peserta sebagai Panwas dan juga aturan-aturan menyangkut proses Pilkada yang akan datang.

 
Saleh, staf Bawaslu RI mengatakan, Bawaslu mengawal langsung pelaksanaan tes tertulis dan setelah pelaksanaan tes, semua soal dimusnahkan karena prosedur itu sudah berjalan selalama ini jadi tidak boleh ada peserta yang membawa soal ataupun Bawaslu membawa kembali soalnya ke Jakarta karena itu sudah menjadi SOP. “Semua soal dimusnahkan kecuali lembar jawaban yang dikoreksi lebih lanjut dalam rangka tahap berikutnya,” katanya.

 
Ditambahkannya, Tim Seleksi akan menilai hasil tes tertulis dan dilaporkan ke Pusat. Yonas Kana Tiri, salah seorang peserta seleksi mengatakan, soal tes tertulis lebih banyak berkaitan dengan pelaksaan pada tingkat PPS, sehingga siapa yang mengikuti seleksi dan duhulunya pernah menjadi anggota PPS pada perhelatan Pileg, Pilpres, dan Pilkada bisa dengan mudah menjawab soal-soal tersebut.

 
“Saya yakin bisa lolos ke tahapan berikutnya. Karena, dari sembilan orang itu yang akan lolos pada tahapan berikutnya hanya enam orang dan setelah itu diseleksi lagi hingga tinggal tiga orang yang nantinya menjadi Panwas,” katanya. (yul/R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz