Kamis, 26 April 2018 | 23:29
Danton TMMD Kodim 1622/Alor Letda (inf) Andri berpelukan sambil mencucurkan air mata dengan salah seorang warga Desa Lembur Barat usai apel penutupan TMMD, Rabu (28/10). Letda Andri bersama anak buahnya tinggal bersama dan berbaur dengan warga setempat selama tiga pekan
vn/polce siga

Selain Jalan, TMMD Bangun MCK dan Jamban

Victory-News-Alor, SELAIN membangun jalan desa sepanjang 5,4 kilometer, Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 95 Kodim 1622/Alor juga membangun dua unit sanitasi mandi cuci dan kakus (MCK) dan 33 unit jamban sehat bagi warga Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara (ATU). TMMD yang berlangsung selama 21 hari ini telah ditutup, Rabu (28/10).

TMMD tersebut melibatkan Polres Alor, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan masyarakat setempat termasuk anggota Batalyon Infantri (Yonif) 744 Satya Yudha Bakti (SYB) Atambua.

Program TMMD telah ditutup Sekda Alor Hopni Bukang yang bertindak sebagai inspektur upacara mewakili Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX Udayana Mayor Jenderal (Mayjen) TNI M Setyo Sularso.

Dua MCK yang bangun TMMD berada di dua RT yang akan digunakan oleh warga setempat. Selama ini, warga di dua wilayah sangat kesulitan memperoleh sanitasi yang layak dan sehat, meski pun ketersediaan air bersih cukup.

Sedangkan pembangunan jamban sehat diperuntukan bagi keluarga yang tidak mampu dan belum mempunyai jamban yang sehat selama ini.
Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke 95 Kodim 1622/Alor Mayor (Inf) Dadi Gunawan mengatakan, kegiatan non fisik yang dilakukan dalam TMMD antara lain penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian dan peternakan, penyluhan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), penyuluhan Keluarga Berencana (KB), penyuluhan kesehatan, termasuk penyuluhan hukum, penyuluhan bencana alam dan kerajinan tangan yang melibatkan instansi terkait.

Dandim 1622/Alor Letkol Inf Ahmad Marzuki mengatakan, tujuan pelaksanaan TMMD untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Alor dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik fisik maupun non fisik.

Selain itu, lanjut Marzuki TMMD juga memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang, dan kondisi juang yang tangguh guna menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri.

Ahmad menuturkan, pembukaan akses jalan desa sepanjang 5,4 kilometer tentunya untuk mempermudah warga setempat dalam hal transportasi terutama untuk mengangkut hasil komoditi.

Menurutnya, selain membuka akses jalan, TMMD juga membangun sanitasi sehat bagi warga desa Kepala Desa, Lembur Barat, Melkiur Fanata kepada VN menyatakan terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 1622/Alor yang telah memilih Lembur Barat sebagai lokasi TMMD.

Menurutnya, program TMMD telah membuka keterisolasian warga terutama jalan menuju sentra -sentra penghasil komoditi. “Jalan yang dibuka itu nanti bisa sampai ke tiga desa yaitu Desa Fuisama, Desa Lakwati dan Desa Lembur Tengah. (pol/R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz