Kamis, 26 April 2018 | 23:37
25

Sekda Bantah Air Wae Kesambi Kotor

PEMERINTAH Kabupaten Manggaraia Barat (Mabar) membantah bahwa warga mengkonsumsi air kotor dari mata air Wae Kesambi akibat kesulitan mendapatkan air bersih. Dalam surat klarifikasi yang dikirimkan ke redaksi VN, Selasa (28/4), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai Barat Mbon Rofinus mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat menyampaikan ucapan terima kasih atas kemitraan dan peliputan serta publikasi HU Victory News selama ini, terkait aktivitas dan kegiatan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat pada umumnya.

 
Namun, berkenaan dengan tulisan yang berjudul “Warga Komodo Minum Air Kotor” pada halaman utama edisi Sabtu 25 April 2015, tidaklah benar. Menurut Sekda, air mengalir sepanjang waktu dari sumbernya. Tetapi, jika yang dimaksud itu adalah kadar kapur yang ada di sumber mata air Wae Kesambi tinggi memang benar.

 
Masih menurutnya, adanya warga yang setiap hari harus mengantre sejak pukul 04.00 Wita hanya untuk mendapatkan air minum, sekaligus mandi dan mencuci, tidak sepenuhnya benar. karena air di mata air Wae Kesambi tidak mungkin habis. Masyarakat bisa datang mengambil kapan saja.

 
Menurutnya, Pemkab Manggarai Barat telah membangun satu sumur bor di Wae Kesambi untuk membantu warga yang kesulitan mendapatkan air. Sumur bor tersebut dikelola oleh masyarakat setempat, yang proses penggunaan air dari sumur bor tersebut dilakukan secara bergilir.

 
“Pada dasarnya Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan air minum bersih untuk seluruh warga di Labuan Bajo ibu kota Kabupaten Manggarai Barat. Dan air minum bersih tersebut secara perlahan telah memenuhi kebutuhan warga walau dengan debit yang masih kurang,” tulisnya.

 
Sebelumnya, Albert Jonu, warga Wae Kesambi mengaku selama ini terpaksa membeli air tangki untuk memenuhi kebutuhan setiap hari. Harga satu tangki air mencapai Rp 150 ribu.
“Banyak pipa di sekitar rumah, tapi tidak pernah keluar air. Setiap tahun juga selalu ada program air tapi buktinya tidak ada air,” ujar Albert. (nan/R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz