Minggu, 22 April 2018 | 18:05
NOEL CELIS / AFP Juara dunia tinju asal Filipina, Manny Pacquiao menyapa penggemarnya di Manila, Kamis (27/11/2014)
NOEL CELIS / AFP
Juara dunia tinju asal Filipina, Manny Pacquiao menyapa penggemarnya di Manila, Kamis (27/11/2014)

Sebut Gay Lebih Buruk dari Hewan, Manny Pacquiao Dihujani Kritik

Juara dunia tinju delapan kali asal Filipina, Manny “Pacman” Pacquiao, menuai kritik setelah berkomentar miring soal pasangan gay.

Petinju gaek berusia 37 tahun itu menyebut bahwa pasangan gay jauh lebih buruk ketimbang binatang.

Pacquiao, setelah menikmati karier gemilang di ring tinju, kini tengah berupaya menjadi politisi dan tengah berkampanye untuk meraih kursi di senat.

“Ini adalah masalah kelaziman. Anda pernah melihat hewan kawin dengan pasangan yang sama jenis kelaminnya? Hewan jauh lebih baik karena bisa membedakan jantan dan betina,” kata Pacquiao kepada stasiun televisi TV5 awal pekan ini.

“Jika pria menikahi pria, perempuan menikahi perempuan, mereka jauh lebih buruk ketimbang hewan,” kata Pacman.

Pernikahan sesama jenis kelamin dilarang di Filipina karena tentangan kuat dari Gereja Katolik yang memiliki umat sebanyai 80 juta jiwa di negeri kepulauan itu.

Komentar sang juara tinju ini langsung mendapat tanggapan dari banyak kalangan, salah satunya dari komedian ternama Filipina, yang juga seorang gay, Vice Ganda.

Lewat akun Twitter-nya, dia mengkritik Pacquiao dengan mengunggah tagar #PrayForMannyPacquiao.

“Sebagian orang berpikir mereka bisa menghakimi orang lain seperti Tuhan hanya karena rajin ke rumah ibadah dan membaca kitab suci,” ujar Ganda.

“Senat membutuhkan pakar dalam hal politik dan hukum, bukan nabi palsu,” kata dia.

Kritik juga datang dari biduanita Aiza Seguerra, yang baru saja menikahi seorang aktris. Dia menyerukan agar warga Filipina tidak memberikan suara untuk Pacquiao.

“Anda mungkin sudah membuat negeri ini bangga. Namun, pernyataan Anda menunjukkan kepada seluruh negeri alasan untuk tidak memilih Anda,” kata Seguerra lewat akun Instagram-nya.

Pacquiao melayani wawancara televisi sebagai bagian dari kampanyenya untuk meraih satu dari 12 kursi senat dalam pemilihan anggota senat pada Mei mendatang.

Berbagai jajak pendapat di Filipina menunjukkan, Pacquiao berpeluang besar mewujudkan mimpinya menjadi seorang senator.

Saat ini, Pacquiao duduk sebagai wakil dari provinsi miskin Sarangani, kampung halaman istrinya.

Namun, dia sangat jarang berada di gedung parlemen karena lebih sibuk bertinju ketimbang mengurusi proses pembuatan undang-undang.

Dalam salah satu kesempatan, dia sempat berbicara di gedung parlemen. Saat itu, dia banyak mengutip ayat-ayat Alkitab dan dengan tegas mendorong penolakan sebuah undang-undang yang melegalkan pembagian kondom gratis untuk warga miskin.

kcm-logo

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz