Jumat, 20 April 2018 | 16:56
HAL REGIONAL 200415 BELU copy

Satu Suara sangat Berharga

SATU suara sangatberharga dan menentukan pembangunan Kabupaten Belu lima tahun ke depan. Karena itu, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) tidak boleh dianggap remeh. Demikian disampaikan Ketua KPU Belu Marthin Ama Bara Lay dalam acara peluncuran tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2015 yang berlangsung di halaman depan kantor KPU Belu, Sabtu (18/4) pukul 17.00 Wita.

 
Bara Lay mengatakan, Pilbup Belu merupakan kerinduan masyarakat yang sempat tertunda selama kurang lebih dua tahun. Dua tahun yang lalu KPU Belu sudah menyiapkan
semua tahapannya tapi belum sempat diselenggarakan karena dinamika ketatanegaraan. “Dengan adanya pemekaran Malaka, Pilbup Belu yang seharusnya digelar 2013 silam tertunda, tetapi tahun ini segera dilaksanakan,” jelasnya.

 
Dikatakan Bara Lay, KPU Pusat sudah menerima Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2), dan akan menyerahkannya ke KPU Belu secara hirarki kelembagaan
melalui KPU Provinsi, agar diproses lebih lanjut. “Kita lagi tunggu DAK2-nya. Kalau sudah dapat kita akan proses dan gunakan untuk kepentingan verifikasi pencalonan perseorangan.

 
Dengan adanya peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu, para kandidat sudah bisa sosialisasikan diri,” ucapnya. Ia menambahkan, Pilbup juga hanya satu putaran, tidak ada putaran keroyok. Jadi, satu suara sangat bernilai dan menentukan sehingga tidak boleh dianggap remeh.

 

Sementara itu, Penjabat Bupati Belu Wilhelmus Foni mengungkapkan, Pemkab dan DPRD Belu sudah membahas dan menetapkan anggaran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sebesar Rp 16 miliar, tinggal KPU Belu menggunakannya untuk menyukseskan pelaksanaannya.

 
“Pemerintah juga sudah serahkan DAK2 dan total jumlah penduduk Belu sebanyak 217.957 jiwa. Sedangkan, jumlah pemilih yang diperkirakan akan berpartisipasi dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sebanyak 147.212 orang,” sebutnya.

 

Wilhelmus Foni meminta para aparatur di kecamatan dan desa untuk memutakhirkan data sekali lagi dan terus melakukan sosialisasi kepada warga supaya mengggunakan
hak pilih.

 

Hadir dalam acara peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2015 itu, Kapolres Belu AKBP Raja Sinambela, Dandim 1605/Belu Letkol Nanang Nasmudin,
perwakilan dari Kejari Belu, Pengadilan Negeri Atambua, para pimpinan parpol, tokoh masyarakat dan tokoh agama. (R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz