Kamis, 26 April 2018 | 23:25
16

Rp 7,5 Miliar untuk Pelaksanaan Pilkada

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Sabu Raijua (Sarai) sudah mempersiapkan anggaran sebesar Rp 7,5 miliar untuk pelaksanaan pemilihan kepala daeah dan wakil kelapa daerah (Pilkada) pada Desember 2015 mendatang.

 
Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan dana hibah Pilkada Sarai telah ditandatangi Bupati Sarai Marthen Dira Tome dan Ketua KPU Sabu Raijua Yudy R Tagi Huma, Jumat (17/4) lalu, di Gereja Yeruel, Kota Seba, saat pembukaan tahapan Pilkada.

 
Yudy Tagi Huma mengatakan, anggaran tersebut untuk membiayai semua tahapan pelaksanaan Pilkada, yang merupakan hasil asistensi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, disesuaikan dengan harga satuan daerah.

 
“Besaran dana tersebut sudah sesuai dengan harga satuan daerah kabupaten Sabu Raijua. Kemarin ketika kita asisitensi KPU mengajukan Rp 8 miliar, namun sesuai asistensi ditetapkan pagu anggaran untuk pembiayaan Pilkada Sarai Rp 7,5 miliar,” katanya.

 
Sementara itu, Bupati Sabu Raijua Marthen Dira Tome mengakui, sekalipun Sarai merupakan daerah miskin, tetapi Pemkab sudah  mengantisipasi alokasi dana untuk Pilkada.
Pemkab berharap, dana hibah sebesar Rp 7,5 miliar itu, bisa mengkover semua tahapan Pilkada yang telah dijadwalkan.

 
“Kita boleh miskin, tapi untuk menyukseskan Pilkada di Sarai, Pemkab dan DPRD sudah mengalokasikan anggarannya,” kata Bupati. Sementara itu, Ketua DPRD Paulus Rabe Tuka meminta agar KPU dalam menggunakan dana hibah Pilkada tersebut transparan.  “Menurut saya itu anggaran yang sangat fantastis jumlahnya sehingga harus transparan didalam penggunaannya,” kata dia.

 
Komisioner Divisi Hukum dan Rumah Tangga KPU Sabu Raijua Kornelis Day Kate mengatakan, dana hibah tersebut untuk pembiayaan tahapan Pilkada Sarai tahun 2015 ini.
Dijelaskannya, kegiatan yang akan menelan anggaran terbanyak adalah untuk kampanye, karena diperkirakan mencapai Rp 1 miliar lebih. Sebab, KPU yang akan mencetak semua alat peraga kampanye calon. Dahulu, calon yang mencetak bahan kampanye tetapi aturan yang baru KPU yang mencetak alat peraga kampanye para calon.

 
Ada beberapa alat kampanye yang biasa diadakan sendiri oleh para calon yakni kalender, kaos, mug, topi, dan stiker, kartu nama,  dan payung. Tapi bahan-bahan yang dicetak KPU itu sendiri mengeluarkan anggaran yang cukup banyak seperti baliho, spanduk, umbul-umbul dengan ukuran masing-masing yang sudah ditetapkan oleh KPU. (yul/R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz