Kamis, 26 April 2018 | 23:27
29

Rp 1,2 Triliun untuk Tebus Di Maria

PENAMPILAN Angel Di Maria yang tak juga nyetel dengan Manchester United dilihat sebagai peluang besar bagi Paris Saint Germain (PSG) untuk memboyongnya ke Parc des Princes. Les Parisiens pun sudah menyiapkan 59,7 juta pound (Rp1,22 triliun) untuk menebusnya.

 
Jumlah tersebut sama dengan nominal yang digelontorkan ‘Setan Merah’ untuk memboyong Di Maria dari Real Madrid musim lalu. Jumlah itu menjadikannya pemain termahal Liga Primer, mengalahkan nilai transfer Alexis Sanchez ke Arsenal dan Diego Costa ke Chelsea.

 
Bedanya, kedua pemain terakhir sukses beradaptasi dan menjadi andalan di klub baru, sedangkan pemain asal Argentina itu justru dianggap sebagai pembelian gagal meski sempat menyarangkan tiga gol dalam 10 laga perdananya bersama skuat Old Trafford.

 
Musim lalu, Di Maria memang nyaris bergabung dengan klub yang bermarkas di Parc des Princes itu. Namun, klub besutan Laurent Blanc tersebut terganjal aturan finansial fair play UEFA dan hal tersebutlah yang melatari Di Maria untuk akhirnya berlabuh di Manchester.

 
“PSG memiliki masalah finansial sehingga mereka tidak bisa lagi membeli pemain, itulah alasan utama saya bergabung di Manchester,” tandas Di Maria, beberapa waktu lalu. Kini, klub milik pengusaha asal Qatar Nasser Al-Khelaifi itu punya kesempatan menuntaskan ambisi mereka musim lalu. Sebagai gantinya, Edinson Cavani dan Ezequielle Lavezzi bakal dilepas sekadar untuk pemasukan tambahan demi menggaet pemain sayap tersebut.

 
Di kubu United, pelatih Louis van Gaal pun pernah mengutarakan tidak bakal menghalangi niat Di Maria jika ingin meninggalkan Old Trafford. Juru taktik asal Belanda itu memang terlihat tak suka dengan anak asuhnya tersebut dan beberapa kali mengkritik penampilannya.

 
Koran lokal Paris L’Equipe menyatakan klub ibu kota itu juga tengah memburu tanda tangan gelandang muda Juventus Paul Pogba, selain Di Maria. Pun demikian dengan striker Barcelona Neymar, seandainya Zlatan Ibrahimovich jadi dilego karena kerap bertingkah kontroversial.

 

 

Ambisi United Untuk menggantikan posisi Di Maria, Van Gaal sudah menatap winger milik PSV Eindhoven Memphis Depay. Menurut harian Inggris Telegraph, anak muda berusia 21 tahun tersebut bakal ditawar 20 juta pound atau kurang dari sepertiga nilai jual Di Maria.

 
Van Gaal dikabarkan terpukau dengan penampilan Depay selama membela Der Oranje di Piala Dunia 2014 lalu. Ia pun terus melakukan kontak dengan mantan anak buahnya tersebut sekaligus membujuknya untuk berlabuh ke Old Trafford musim depan.

 
Pelatih PSV Philippe Cocu juga memberi lampu hijau bagi anak didiknya itu untuk meninggalkan klub musim depan. Bukan karena sang pemain tidak lagi diinginkan, melainkan agar permainannya lebih berkembang di level kompetisi yang lebih ketat daripada Eredivisie.

 
“Depay sudah siap melangkah ke panggung yang lebih besar lagi dan saya yakin dia akan meninggalkan PSV musim depan,” jelas Cocu. Depay hanyalah satu dari beberapa pemain anyar yang amat mungkin bakal didatangkan Van Gaal di bursa transfer jeda kompetisi musim depan. Pasalnya, Manchester United disebut sudah menyiapkan dana hingga 150 juta pound untuk membeli pemain mana pun yang diinginkan sang arsitek.

 
Hal tersebut tentu dengan asumsi bahwa the Red Devils bakal kembali berlaga di Liga Champions. Kini, mereka masih berjuang mengamankan posisi dengan duduk di peringkat empat sementara dan selisih lima poin dengan tim di bawahnya, Liverpool.

 
Pemain lain yang diincar pelatih bertangan dingin itu ialah gelandang Real Madrid Gareth Bale yang belakangan dikritik karena kurang tajam meski menyandang predikat pemain termahal dunia. (AFP/AP/R-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz