Sabtu, 21 April 2018 | 19:29
10

Ribuan Warga Meriahkan Pawai Paskah

SEBAGAIMANA tahun-tahun sebelumnya, semarak Paskah di Kupang ditandai dengan Pawai Paskah yang digelar Pemuda Sinode GMIT. Pawai Paskah dilaksanakan hari ini, Senin (6/4), melibatkan 118 rombongan dan diperkirakan bisa dipadati sekitar 30 ribu warga/umat.

 
Demikian disampaikan Ketua Badan Pengurus Pemuda GMIT Winston Rondo dan Sekretaris Panitia Pawai Paskah Pemuda Sinode GMIT Zarniel Woleka kepada VN, Minggu (5/4). Winston menjelaskan, setiap rombongan biasanya diikuti sekitar 250 orang. “Tapi yang hadir bisa 500 sampai seribu orang sehingga diperkirakan 30-an ribu orang yang akan ikut pawai dari 118 rombongan yang mendaftar,” katanya.

 
Para peserta, kata Zarniel, antara lain pemuda dari 61 gereja GMIT, sembilan gereja denominasi, tujuh perwakilan Klasis Amarasi, TTS, dan TTU, enam barisan lintas agama, 26 instansi swasta/umum, serta tujuh rombongan seni budaya (etnis).

 

Adapun rute yang akan dilalui yakni start dari depan Gereja Anugerah El Tari melewati Polda NTT (Jalan Soeharto), Jalan Soedirman (Kuanino), Jalan M Hatta, Urip Sumoharjo, Ahmad Yani (Oeba), Timor Raya dan berakhir di Gereja Talitakumi Pasir Panjang.

 

Pawai dimulai pukul 13.00 Wita, dan dijadwalkan dilepas oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan-Perlindungan Anak (PP-PA) Yohana Yenbise. Beberapa undangan yang hadir di antaranya Ketua Gereja Dunia SAE Nababan, tokoh Katolik Romo Frans Magnis Suseno, Ketua Yayasan Indonesia Cerdas Dr Separt Supit, Gubernur NTT, Wali Kota Kupang, tokoh agama dan Forkopimda NTT.

 
Ketua Panitia Adrinus Talli menambahkan, Pawai Paskah kali ini merupakan yang ke 19 kali. Dijelaskan, secara keseluruhan 118 peserta terbagi dalam 12 fase yakni fase dari Kejadian sampai Pentakosta dan di luar dari fase adalah barisan puji-pujian.

 

Pawai tahun ini bertema “Kristus Bangkit Mengutus Kita mewujudkan Damai Sejahtera”. Untuk pengamanan jalur pawai melibatkan 851 personel dari Polres Kupang Kota, Satpol PP, Dishub, Kodim 1604/ Kupang, Yonif 743, dan Brimobda NTT. (tia/lys/D-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz