Jumat, 20 April 2018 | 16:55
41

Praperadilan Pandango Ditolak

MAJELIS Hakim Pengadilan Negeri Waikabubak, Senin (27/4), menolak permohonan gugatan praperadilan Bupati Sumba Barat Jubilate Pandango terhadap Kajari Waikabubak dalam kasus pengadaan 158 unit sepeda motor tahun 2011 senilai Rp 3,2 miliar. Dalam amar putusannya, hakim tunggal Putu Wahyudi menyatakan menolak seluruh permohonan gugatan pemohon (Jubilate Pandango) terhadap Kajari Waikabubak.

 

Hakim menyatakan bahwa penolakan didasarkan pada pasal 77 KUHAP tentang Penetapan Tersangka yang tidak masuk dalam objek perkara praperadilan dan hakim tidak mempunyai kewenangan untuk menyidangkannya. Disaksikan VN, pada persidangan tersebut, Jubilate Pandango tidak hadir dan diwakilkan kepada kuasa hukumnya Lorens Serworwora dan Manotona Laia.

 

Persidangan dijaga ketat oleh aparat Polres Sumba Barat, TNI, dan Brimob.Ratusan massa  yang rata-rata guru dan kepala sekolah dari berbagai sekolah yang meliburkan diri untuk menghadiri pembacaan putusan praperadilan tersebut. Menghormati Putusan Kajari Waikabubak Bambang Suharijadi saat dikonfirmasi VN mengungkapkan, dia sangat bersyukur bahwa sidang gugatan praperadilan selesai dengan aman dan terkendali. “Masyarakat tahu dan semakin cerdas dalam menilai penegakan hukum di wilayah kita ini,” katanya.

 
Jubilate Pandango yang ditemui di rumah jabatan usai sidang, mengaku menghormati putusan hakin tersebut. “Saya menghormati proses hukum yang sedang berlangsung dan saya akan menjalani semuanya sesuai prosedur hukum yang berlaku hingga selesai,” ungkapnya.

 

Dia juga berpesan kepada pendukungnya untuk tetap tenang. Walaupun sudah ditetapkan sebagai tersangka, lanjut Pandango, dirinya masih merupakan Bupati Sumba Barat dan akan tetap bertarung pada Pilkada Sumba Barat. “Saya masih Bupati dan saya tetap akan maju untuk ikut pilkada lewat pintu yang ada, yaitu jalur independen,” tegasnya.

 
Segera P21 Terpisah, Kajati NTT John Purba kepada wartawan di Kupang, Senin (27/4) mengatakan, Jubilate Pandango akan tiba di Kejati NTT pekan depan. Pandango akan datang dalam rangka proses P-21 dan pelimpahan tahap kedua kasus yang dituduhkan kepadanya.

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz