Minggu, 22 April 2018 | 18:22
01

PPLP Target Tingkatkan Medali

PENGELOLA Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Kupang menargetkan peningkatan perolehan medali tahun 2015. Setiap cabang olahraga (Cabor) penghuni PPLP harus mempersiapkan atletnya secara baik. Penegasan itu disampaikan Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Provinsi NTT Junus Buling, kepada VN, Selasa (31/3).

 
Buling mengatakan, tahun 2015 bukan lagi target medali emas, tetapi porsentase perolehan medali yang harus ditingkatkan untuk masing-masing cabang olahraga dan pemusatan pelatihan. Untuk itu, kepada pelatih setiap cabang olahraga, diminta untuk tidak hanya melatih teknik dan fisik, tapi juga diharapkan melatih mental, karakter, dan disiplin anak-anak.

 
“Pelatih harus memberi garansi prestasi kepada pengelola, sehingga target yang akan kita capai bersama,” ujarnya. Dia menyatakan, berkaitan dengan sekolah atlet PPLP, sudah dilakukan kerja sama lanjutan dengan SMAN 2 dan SMAN 5 Kupang. Karena, dua sekolah tersebut yang bisa menerima para pelajar titipan.

 

“Kami memberi apresiasi kepada dua sekoah tersebut yang turut berperan serta dalam meningkatkan prestasi olahraga di NTT,” ujarnya,  Berkaitan dengan atlet PPLP yang belum semuanya menempati PPLP, Buling menegaskan, setelah perayaan Paskah, seluruh atlet PPLP, PPLM, dan PPLD Provinsi NTT Tahun Anggaran (TA) 2015, dari empat cabang olahraga super prioritas KONI NTT yang akan dibina menjadi atlet berprestasi, sudah harus masuk asrama.

 
Saat ini, baru 20 atlet yang sudah menempati asrama PPLP. Atlet PPLP yang sudah masuk asrama dari cabang olahraga tinju tujuh orang, atletik sembilan orang, pencak silat tiga orang, dan taekwondo satu orang. Para atlet menempati asrama baru yang dibangun tahun 2014, yang berada satu kompleks dengan gedung PPLP yang lama.

 
Sementara gedung asrama PPLP yang lama disiapkan untuk para atlet PPLD dan PPLM. Untuk perlengkapan kamar, sudah disiapkan satu tempat tidur susun, dua meja belajar, dan dua buah kursi. Setiap kamar ditempati  dua orang atlet. “Saat ini perlengkapan kamar memang belum lengkap karena tempat tidur ada yang masih sementara dikerjakan,” ujarnya.

 
Dia meminta, bagi atlet yang belum masuk asrama agar setelah libur Paskah semua atlet sudah bisa masuk asrama. Yang belum masuk kebanyakan dari daerah. Total atlet yang dibina selama tahun 2015 ada 74 atlet. Untuk gedung lama menampung 36 orang dan gedung baru juga menampung 36 orang atlet.

 

Kapasitas kamar tidur gedung baru dan lama masing-masing 18 kamar. Kuotanya PPLP 36 atlet, PPLM 16 atlet, dan PPLD 25 atlet. Semua  atlet ditampung sehingga mempermudah pengontrolan.
Sementara Kepala Seksi Industri Olahraga dan Olahraga Rekreasi Hermensen Ballo mengatakan, sebelum anak-anak masuk asrama sudah melakukan latihan. “Khusus Tinju anak-anak sudah latihan rutin sejak bulan Februari, pagi dan sore hari secara rutin. Sehingga bukan setelah menempati asrama baru anak-anak latihan,” ujarnya. (S-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz