Jumat, 27 April 2018 | 08:56
Untitled-5 copy

Polisi Bekuk Pelaku Curanmor

SATUAN Reskrim Polres Sikka, Kamis (23/4) dini hari, membekuk Vian alias Poso, warga Nangalimang, Kelurahan Nangalimang, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka. Vian merupakan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang sering beroperasi dalam Kota Maumere.

 
Pelaku curanmor yang sudah berulangkali masuk keluar pejara dengan kasus yang sama tersebut, dibekuk anggota Satreskrim Polres Sikka, setelah mendapat laporan Maria Paswati, Warga Dusun Nara, Desa Lepolima, Kecamatan Nele, yang mengaku kehilangan motor Astrea Gand yang diparkir diteras rumahnya sekitar pukul 02.00 Wita.

 
Kapolres Sikka AKBP Budi Hermawan melalui Kasat Reskrim AKP Henry Susanto Sianipar kepada VN mengatakan, setelah mendapat laporan dari warga yang merasa kehilangan kendaraan bermotor, anggota langsung bergerak melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mencari informasi tambahan lainnya.

 

Dalam pengembangan keterangan warga, akhirnya polisi berhasil menemukan pelaku yang sedang mengendarai sepeda motor hasil curiannya tersebut, sekitar jalan lingkar luar Kota Maumere.  “Setelah kita dapat laporan warga kita langsung kembangkan kebetulan di sekitar TKP malamnya ada pesta, sehingga kita berhasil membekuk pelaku yang sedang membawa kabur motor milik korban,” kata Kasat Reskrim.

 
Saat pelaku Curanmor ditemukan sementara mengendarai motor hasil curian tersebut, langsung dihakimi warga yang ikut mencari. Beruntung petugas dengan sigap langsung mengamankan pelaku ke atas mobil patroli dan dibawa ke Polres Sikka untuk dimintai keterangan.

 
Menurut Sianipar, pelaku diketahui sudah berulangkali masuk keluar penjara karena kasus yang sama. Sebelumnya, pelaku pernah berurusan dengan polisi dalam kasus yang sama.  “Pelaku baru saja dua bulan keluar penjara karena kasus yang sama dan sekarang tertangkap lagi,” kata Sianipar.

 
Kepada penyidik Vian alias Poso mengaku, ia bersama temannya bernama Aston pergi ke keluarga di Koting. Dari Koting ia bersama temannya ke pesta di Nara, Dusun Nara, Desa Lepolima, Kecamatan Nele. Karena merasa sudah ngantuk sedangkan temannya masih duduk minum di tempat pesta, sehingga ia mengambil motor milik Maria Paswati yang kebetulan di parkir di teras rumah korban untuk pulang ke rumahnya di Nangalimang, Kecamatan Alok.

 
Ia mengakui bahwa setelah keluar dari penjara dua bulan sebelumnya, ia sering beroperasi seorang diri di Kota Maumere. Ia mengakui pernah mengambil babi, milik warga di Dusun Nara yang kemudian ia jual kepada penjual daging di Pasar Alok.

 
Pelaku juga mengakui, sebelumnya mencuri HP milik Danlanal Maumere di rumah dinas, di Jalan Litbang Wairklau, mencuri Ipad yang kemudian ia jual seharga Rp 100 ribu dan note book yang semuanya sudah terjual. Saat ini pelaku ditahan di sel Mapolres Sikka guna pengembangan penyidikan lebih lanjut. (nus/R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz