Kamis, 26 April 2018 | 23:29
Atase Bidang Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar (Kedubes) Polandia Mr Romuald Moraswski (tengah) mempresentasikan peluang kerja sama 291015 ALOR (2) (480 x 360)
vn/polce siga

Polandia Jajaki Peluang Investasi

Victory-News, REPUBLIK Polandia menjajaki peluang investasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Alor. Atase Bidang Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar (Kedubes) Polandia Mr Romuald Moraswski secara khusus berkunjung ke wilayah itu, Rabu (28/10).

Ia dijadwalkan akan berada di Alor hingga, Jumat (30/10) besok. Selama di Alor Mr. Romuald Moraswski yang datang bersama istrinya bertatap muka dan menyampaikan presentase dengan Pemerintah Kabupaten Alor dan pihak swasta.

Dalam pertemuan di Kantor Bupati Alor kemarin, Mr. Romuald Moraswski mengaku bangga dan bahagia karena bisa berkunjung ke Alor. Pertemuan yang dipandu Sekda Alor, Hopni Bukang ini dihadiri pimpinan SKPD, BUMN, BUMD dan TNI/Polri.

Dia mengaku, tiga mantan presiden Indonesia, Soekarno, Megawati dan Susilo Bambang Yudoyono telah berkunjungan ke Polandia. Sedangkan Polandia baru dua presiden yang telah berkunjung ke Indonesia. Karena itu, presiden Polandia yang baru terpilih Juli 2015 lalu telah mengagendakan untuk berkunjung ke Indonesia.

Romuald Moraswski mengatakan, selama tahun 2015 Polandia telah menerima kunjungan resmi dari tiga Menteri RI yaitu Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti dan Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Dalam kunjungan tersebut, lanjutnya, ketiga menteri telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Menteri Ekonomi Republik Polandia Janusz Piechocinski.

Dia mengatakan, selain di Alor dirinya juga pernah mengunjungi Flores dan Sumba termasuk bertemu Gubernur NTT Frans Lebu Raya dan Wali Kota Kupang Jonas Salean. Menurutnya, kehadirannya di NTT untuk menjajaki potensi-potensi ekonomi, pariwisata dan investasi lainnya untuk menjalin kerja sama dengan Polandia. Ia menambahkan, Indonesia dan Polandia telah menjalin hubungan kerja sama yang aktif selama 60 tahun untuk menjajaki berbagai peluang investasi.

Menurutnya, Polandia juga kini fokus menjadi kerja sama dengan negara sedang berkembang untuk membangun ekonomi kecil dan menengah.
Sekda Alor Hopni Bukang mengatakan, kehadiran Mr Romuald Moraswski ke Alor, karena telah terjalin komunikasi yang baik antara Pemkab Alor dan Kedubes Polandia sejak bulan September.

Menurutnya, kehadiran Atase Bidang Promosi Perdagangan dan Investasi Kedubes Polandia itu, untuk menjajaki potensi daerah, karena Indonesia dan Polandia mempunyai hubungan bilateral.

Menurutnya, potensi-potensi tersebut setidaknya harus dimanfaatkan Pemkab Alor dalam menjalin hubungan kerja sama ke depan. Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Alor Yulius Mantaon berharap Alor harus memetik hasil dari kunjungan Wakil Kedubes Polandia. Menurutnya, hasil kunjungan ini setidaknya akan memberikan warna baru bagi pengembangan investasi, perdagangan, pariwisata, dan budaya di Kabupaten Alor. (pol/R-3)

Baca Juga :