Minggu, 22 April 2018 | 18:14
FOTO HAL REGIONAL 180415 JOHN RIHI copy

PN Tolak Gugatan Lahan Toko Melati

PENGADILAN Negeri (PN) Rote Ndao dalam amar putusannya menolak gugatan perdata yang dilayangkan Marthen Bessie selaku penasehat hukum Jermy Tunggal Manuain dalam sengketa lahan di Jalan Pabean, Kota Ba’a, yang kini berdiri Toko Melati. Demikian dikatakan Jhon Rihi selaku penasehat hukum dari tergugat Jianfri Elim yang dihubungi, Jumat (17/4).

 
Menurut Rihi, dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan di PN Rote Ndao, Kamis (26/3) lalu, Ketua Majelis Hakim Zaka Talpatty menyatakan menolak gugatan Nomor 20 dan 21/Pdt.G/2014/PN.Rno, dilayangkan oleh Marthen Bessie selaku penasehat hukum Jermy Tunggal Manuain tidak dapat diterima (Niet Ontvnkelijk Verklaard). Menyatakan bahwa sita jaminan terhadap tanah dan bangunan milik tergugat VI yang diletakkan oleh jurusita Pengadilan Negeri Rote Ndao tidak sah dan tidak berharga.

 

Selanjutnya memerintahkan untuk mengangkat sita jaminan yang telah dilaksanakan oleh Olfis E Pono jurusita PN Rote Ndao  sebagaimana berita acara sita jaminan tanggal 29 Januari 2015 Nomor 20 dan 21/PDT.G/2014/PN Rno; dan menghukum penggugat untuk membayar biaya perkara Rp 5.324.000 untuk perkara Nomor 20 dan Rp5.324.000 untuk perkara Nomor 21/Pdt.G/2014/PN Rno.

 
Ditegaskan Rihi, bahwa Jianfri Elim selaku tergugat, memperoleh lahan yang disengkataan bukan karena warisan, akan tapi dibeli karena hasil lelang di Kantor Lelang Negara.
“Klien saya membeli tanah milik negara, yang dilelang secara resmi bukan diperoleh karena warisan sebagaimana yang perihal gugatan yang dilayangkan,” ujar Jhon Rihi.

 
Lanjut Jhon Rihi, karena perolehan atas lahan yang ada dibeli dari Kantor Lelang Negara, maka seharusnya dalam obyek gugatan juga dilakukan gugatan terhadap Kantor Lelang Negara juga karena sertifikat lahan yang ada sementara digadaikan pada Bank BRI maka dalam obyek gugatan juga harus dilakukan gugatan terhadap Bank BRI, namun tidak dilakukan atau tertuang dalam gugatan sehingga majelis hakim dalam putusannya tidak dapat menerima gugatan dari penggugat.

 
Marthen Bessie selaku penasehat hukum dari Jermy Tunggal Manuain yang dihubungi terpisah mengatakan, atas putusan Pengadilan Negeri Rote Ndao itu, maka pihaknya langsung menyatakan banding sehari setelah putusan dibacakan atau sejak 27 Maret lalu.

 
“Pasca menyatakan banding atas putusan PN, kami telah memasukan memori banding. Kami tinggal menunggu panggilan untuk melakukan pemeriksaan di tingkat banding,” ujar Bessie. (tho/R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz