Jumat, 27 April 2018 | 08:43
12

Pia/Rizki Singkirkan Unggulan

GANDA putri binaan klub Jaya Raya Pia Zebadiah Bernadeth/Rizki Amelia Pra­dipta melaju ke perempat final Singapore Open Super Series 2015 seusai menaklukkan unggulan empat asal Korea Selatan Lee So-hee/Shin Seung-chan, 21-18, 21-17. Ganda putri peringkat 20 dunia itu pun langsung fokus memperbaiki performa untuk menghadapi lawan di perempat final.

 
Pia menuturkan kunci kemenangan dirinya dan Rizki ialah percaya diri. “Kami sebelumnya pernah bertemu dan menang. Posisi kami juga selevel saat ini. Jadi, kami memang lebih percaya diri menghadapi mereka. Kami juga merasa hari ini mainnya bagus,” kata Pia.

 
“Awal-awal mereka mempercepat (tempo) permainan. Pas di akhir mereka mungkin bingung jadi banyak kasih lob-lob panjang. Padahal, kami lebih cocok dengan bola-bola cepat. Mereka terlambat sadar untuk mengubah pola permainan mereka,” tambah Rizki.

 
Pada perempat final, hari ini, Pia/Rizki yang merupakan satu-satunya ganda putri yang bertahan, akan berhadapan dengan unggulan enam asal Tiongkok Ou Dongni/Xiaohan Yu. Dua pasangan tersebut belum pernah bertemu sebelumnya. Secara peringkat, Pia/Rizki unggul tipis satu tangga.

 
“Di perempat final nanti kami ingin main lebih baik lagi. Step by step semoga bisa terus main maksimal. Saat ini kami fokus untuk memperbaiki performa dulu karena di beberapa penampilan kami sebelumnya hasil enggak bagus,” kata Pia.
Andalan terus melaju Ganda campuran andalan Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menang mudah atas pasangan Tiongkok Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah, 21-12,21-19, dalam tempo 27 menit saja. Selanjutnya di perempat final, mereka menghadapi pasangan tuan rumah Danny Bawa Chrisnanta/Yu Yan Vanessa Neo.

 
“Bertemu Danny/Yu sudah sering. Kalau kami bisa tetap fokus, kami yakin bisa mengatasi mereka. Namun, kami tetap waspada. Apalagi, mereka kan tuan rumah, selain dapat dukungan penuh, motivasi mereka juga pasti sangat besar di sini,” kata Liliyana.  Selain Tontowi/Liliyana, Irfan Fadhilah/Weni Anggraini juga tampil di 8 besar.

 
Andalan Indonesia lainnya, ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga lolos ke perempat final. Namun, Ahsan/Hendra lolos dengan kerja keras melawan ganda Korea Selatan, Choi Sol-kyu/Ko Sung-hyun 19-21, 21-18, 21-17. “Lawan barusan bagus, kuat juga dan enggak gampang mati. Kami juga startnya lambat,” kata Hendra mengomentari lawannya.

 
Di perempat final, Hendra/Ahsan akan bertemu pasangan Indonesia, Ade Yusuf/Wahyu Nayaka. Langkah Ahsan/Hendra juga diikuti Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang lolos dengan menyingkirkan Kim Astrup/Andeers Skaarup Rasmussen (Denmark) 21-17, 18-21, 19-21.

 
Sayang, Marcus Gideon Fernaldi /Kevin Sanjaya Sukomuljo harus terhenti setelah perjuangan sengit mereka melawan unggulan dua asal Taiwan, Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin. Marcus/Kevin kalah tipis, 28-26, 18-21, 19-21.
Tunggal Di nomor tunggal, putra dan putri, masing-masing menyisakan satu wakil.  Di bagian putri, ada Maria Febe Kisumastuti. Linda Wenifanetri dan Bellaetrix Manuputty gagal melaju. Simon Santoso mewakili tunggal putra setelah mengalahkan Viktor Axelsen (Denmark) 21-17, 16-21, 21-12.  Sementara itu, tunggal putra lainnya, Dionysius Hayom Rumbaka, harus terhenti setelah dikalahkan Tian Houwei 21-16, 6-21, 18-21. (R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz