Jumat, 20 April 2018 | 17:06
02

Persiapan Semana Santa sudah Matang

PEMERINTAH Kabupaten Flores Timur sudah mempersiapkansecara matang pelaksanaan Prosesi Semana Santa di Larantuka yang rangkaian acaranya dimulai hari ini, Rabu (1/4). “Saya sudah pimpin langsung rapat koordinasi bersama Kapolres, Dandim, pihak gereja dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat langsung mengurus Prosesi Semana Santa. Semua persiapan teknis sudah final.

 
Sudah matang,” kata Bupati Flotim Yoseph Lagadoni (Yosni) Herin kepada VN, Selasa (31/3). Dia menjelaskan, pelaksanaan Semana Santa dari aspek liturgi, itu sepenuhnya menjadi urusan pihak Gereja Katolik. Pemerintah setempat bertugas memfasilitasi dan memastikan agar Prosesi keagamaan itu berlangsung lancar, nyaman, dan sukses.

 
Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, lanjutnya, pemerintah melalui mimbar gereja telah mengimbau seluruh umat agar mendaftarkan diri pada KUB (Komunitas Umat Basis) setempat jika ingin mengikuti perarakan di laut. Termasuk peziarah dari luar daerah agar mendaftarkan diri pada KUB terdekat.

 
Peziarah Menurun Jumlah peziarah Semana Santa diperkirakan menurun dari tahun lalu. Hal itu antara lain dibuktikan dari jumlah penumpangyang menggunakan jasa pelayaran ekstra yang disiapkan PT ASDP Cabang Kupang. Pada pelayaran ekstra Kupang- Larantuka, kemarin, penumpangkapal hanya sekitar 200 orang. “Padahal kapasitas kapal mencapai 600 orang,” kata Kepala PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Kupang Arnold Jannsen.

 

Kondisi ini berbeda dengan keadaan pada H-5 Semana Santa tahun lalu yang mencapai 2.000-an penumpang. Dirut PT Flobamor Hironimus Soriwutun mengatakan, hari ini pihaknya memberangkatkan satu kapal untuk peziarah. Pelayaran ekstra itu dibiayai Bagian Kesra sehingga pihaknya tidak memungut biaya dari penumpang. “Tapi jumlah penumpang harus sesuai kapasitas kapal,” katanya. (ten/slb/mi/D-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz