Sabtu, 21 April 2018 | 19:24
51

Pemprov-Lippo Group akan Bahas Addendum KSO

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) NTT mengundang Manajemen PT Lippo Group guna membahas addendum Kerja Sama Operasional (KSO) aset tanah milik Pemprov di eks Arena Pameran Fatululi yang saat ini dimanfaatkan Lippo Group. Hal ini disampaikan Sekda NTT Frans Salem dan Kepala Dinas Pendapatan Daerah NTT Oswaldus Toda kepada VN, Senin (27/4).

 
Frans Salem menjelaskan, pertemuan untuk pembahasan itu dijadwalkan 4 Mei mendatang. Dia berharap, Lippo sudah mengkaji usulan Pemprov, sehingga dalam rapat tersebut tercapai keputusan final untuk addendum KSO tersebut.

 
Point penting addendum tersebut jelas dia, salah satunya berkaitan dengan nilai manfaat. “Konsep addendum yang telah dirumuskan Pemprov telah diserahkan kepada PT Nusa Bahana yang merupakan anak cabang Lippo Group yang mengelola aset dalam KSO tersebut. Dalam konsep tersebut nilai manfaat yang harus diserahkan pihak Lippo Group kepada PAD sebesar Rp 1,6 miliar. Angka tersebut semuanya disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan termasuk Perda Provinsi NTT,” jelas Salem.

 
Oswaldus Toda yang ditemui terpisah menjelaskan, selain berkaitan dengan nilai manfaat aset sebesar Rp 1,6 miliar per tahun. Addendum juga berisi jangka waktu KSO selama 25 tahun sesuai Perda. Hal tersebut berbeda dengan kesepakatan awal yang mencapai 30 tahun. Sistem KSO yakni dengan sistem Guna Bangun Serah (GBS).

 
Sayangnya, dia enggan menjelaskan secara mendetail soal isi kesepakatan kerja sama yang dibuat sebelumnya. “Saya agak lupa ya, nanti baru saya lihat dulu takut saya jelaskan salah,” tandasnya.
Berdasarkan data yang dihimpun VN sebelumnya diketahui kesepakatan awal KSO tersebut dengan total nilai manfaat yang dibayar pihak ketiga kepada Pemprov selama hampir 30 tahun hanya mencapai Rp 6 miliar lebih.

 
Karena melihat kecilnya nilai kerja sama tersebut, Ketua Komisi III DPRD NTT Hugo Rehi Kalembu meminta pemerintah agar segera merevisi kontrak kerja sama yang ada karena dinilai merugikan pemerintah daerah. (yan/C-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz