Jumat, 20 April 2018 | 17:02
2

Pemkab Ancam Coret Nama Warga yang Tolak Raskin

WAKIL Bupati Manggarai Deno Kamelus mengancam akan mencoret warga yang menolak menerima beras untuk masyarakat miskin (raskin) yang disalurkan melalui Bulog Sub Divisi Regional Ruteng. Ancaman tersebut disampaikannya saat memeriksa kondisi beras di gudang Bulog Ruteng, Kamis (23/4) pagi. Ia juga memeriksa raskin yang ditolak warga beberapa hari sebelumnya.

 
Masyarakat, kata Deno, berlebihan ketika menolak raskin sementara mereka belum membuka karung untuk memeriksa kondisi beras itu. Selain itu, beras yang ditolak warga masih layak untuk dikonsumsi. Bahwa ada satu dua biji yang warna kuning, itu masih tergolong beras baik dan memenuhi standar yang dipakai Bulog.

 
Karena itu, lanjut dia, jika beras yang menurut penilaian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bulog layak dikonsumsi, tetapi ditolak oleh masyarakat, maka pemerintah membuat berita acara penolakan. Uang yang telah dibayarkan warga pun langsung dikembalikan. Selanjutnya, berdasarkan berita acara penolakan itu, warga tersebut dihapus dari daftar penerima raskin.

 
Meski demikian, Deno juga meminta Kepala Bulog untuk tetap memeriksa sampel-sampel beras. Deno meminta pihak Bulog untuk langsung menyingkirkan raskin yang tidak sesuai standard atau tidak layak dikonsumsi.

 
Kepala Bulog Ruteng Imanuel Louk mengatakan, pihak yang menyatakan baik atau rusaknya beras yang disalurkan Bulog adalah BPOM. Ia memastikan semua beras yang disalurkan Bulog memiliki sertifikat BPOM. Namun, ia tidak menutup kemungkinan bahwa beras tersebut mengalami kerusakan pasca disertifikasi. Karena itu, pihaknya tetap memeriksa sampel-sampel beras untuk memastikan kondisi beras masih baik atau sudah mengalami kerusakan.

 
Ia mengatakan, beberapa warga yang mengembalikan langsung berasnya ke Bulog beberapa hari sebelumnya, langsung diganti dengan beras yang baru oleh pihak Bulog. “Jika ditemukan ada yang sudah rusak, kami pasti ganti,” ujar Imanuel.

 
Ia menjelaskan, stok yang tersedia di gudang Bulog masih cukup untuk satu bulan ke depan. Setiap bulan, Bulog menyediakan 770 ton untuk memenuhi kebutuhan penerima raskin di Manggarai dan Manggarai Timur. (jon/R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz