Jumat, 20 April 2018 | 16:56
56

Pelaku Pencurian kembali Dibekuk

KEPOLISIAN Sektor Kelapa Lima, Polres Kupang Kota, kembali membekuk pelaku pencurian berinisial Daniel Kase (DK), yang sementara bersembunyi sebuah gubuk di Jalan Hans Kapitan, Kelurahan Kelapa Lima, Senin (27/4).

 
Dalam pengakuannya, DK melakukan aksinya pada pukul 04.00 Wita di rumah salah satu staf Kejaksaan Tinggi NTT, yang terletak di belakang Rumah Jabatan Wali Kota, Jalan RA Kartini.
DK melancarkan aksinya dengan modus menjadi pemulung dan melintasi tempat tersebut, kemudian memantau situasi sekelilingnya. Saat situasi sepi, baru DK melancarkan aksinya tersebut.

 
Sejumlah barang hasil curian yang berhasil diamankan oleh penyidik di antaranya Ipad merk Apple, handphone blackberry berwarna hitam, Tablet Samsum berwarna putih, serta sebuah jam tangan. Sementara hasil pengembangan penyelidikan terhadap pelaku ES (28), yang diketahui telah membawa dua unit laptop dan satu unit notebook, yang dicuri di wilayah Kelurahan Oesapa, dan dijual murah dengan harga Rp 400 ribu.

 
Selain itu, pelaku juga melakukan pencurian di enam TKP dan para korbannya telah membuat laporan polisi di Polsek Alak, Kelapa Lima, serta Polresta Kupang. Kapolsek Kelapa Lima AKP I Nyoman Budi Artawan mengatakan, dalam aksinya, pelaku pencurian bermodus sebagai pemulung yang akan mengambil kesempatan di saat kondisi rumah yang diincarnya sepi dari aktivitas penghuninya.

 
Sementara dalam kasus pencurian motor di Alak, pelakunya melakukan pembongkaran rumah saat penghuni rumah sementara tertidur pulas sekitar pukul 02.00 Wita. Pihaknya akan menyerahkan pelaku beserta barang bukti untuk ditangani Polsekta Alak, karena berdasarkan laporan polisi yang telah dibuat oleh korban.

 
Kapolsek menambahkan, kedua pelaku tersebut merupakan residivis pelaku pencurian yang sebelumnya menjalani pemidanaan di Lapas Kupang. Atas perbuatan tersebut, kedua pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. Mantan Kanit Reskrim Polres Kupang Kota mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari aksi pencurian dengan mengamankan kondisi rumah dan barang berharga saat bepergian.

 
Untuk itu, peran Sistem Keamanan lingkungan (Siskamling) harus ditingkatkan dan diaktifkan kembali dalam menjaga lingkungan dari segala macam gangguan keamanan yang terjadi di dalam lingkungan. “Bagi para pemilik kendaraan bermotor juga disamping memperhatikan kondisi kendaraan serta menggunakan kunci ganda sehingga lebih memproteksi keamanan kendaraannya,” jelasnya. (S-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz