Jumat, 20 April 2018 | 17:04
FOTO HAL 7 METRO PDAM KOTA copy

PDAM Diminta Berikan Pelayanan Terbaik

PERUSAHAAN Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kupang diminta memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan di Kota Kupang, meski menghadapi pelanggan dengan berbagai karakter. Walau baru berusia enam tahun, namun PDAM telah memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Demikian dikatakan Wali Kota Kupang Jonas Salean dalam acara syukuran di Dapur Nekamese, Kamis (16/4).

 
Salean mengatakan, rayakan ulang tahun PDAM keenam, ibarat manusia, PDAM masih bayi. “Tapi dalam kiprahnya ia terus memberikan pelayanan terbaik, walau masih ada kekurangan yang harus terus dibenahi,” katanya.

 
Kepada jajaran pimpinan dan staf PDAM Kota Kupang, petugas lapangan, penjaga pompa air di masing-masing lokasi, Salean berharap, untuk bekerja lebih sungguh. “Melayani masyarakat lebih sungguh dengan macam-macam temperamen, karena ada yang datang dengan lemah lembut, tapi ada yang datang dengan kasar. Tetapi semuanya harus dilayani dengan baik,” ujarnya.

 
Dikatakannya, penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) oleh auditor merupakan prestasi yang luar biasa, mengingat sampai saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) sendiri baru meraih predikat wajar dengan pengecualian (WDP). “Ini suatu prestasi baik dan awal baik, karena Pemkot saat ini sedang diaudit BPK selama 60 hari ke depan dan harap bisa ikuti prestasi yang diraih PDAM,” katanya.

 
Air bersih, lanjut Salean, merupakan satu hal yang menjadi kewenangan utuh suatu daerah dalam pengelolaan. Tidak ada kepala daerah dari kabupaten lain datang mengurus warga di kota. “Ribut-ribut terus dengan kabupaten. Ibaratnya seorang anak kalau diurus tetangga, beda dengan diurus orangtua sendiri. Kalau sendiri kelola, kalau tidak jalan akan diatasi. Kalau orang lain yang urus, air jalan tidak jalan akhir bulan rekening harus dibayar,” tegasnya.

 
Apalagi, berdasarkan aturan, secara jelas mengatakan, kebutuhan dasar di suatu daerah jadi kewenangan pemerintah daerah memenuhinya. Karena itu, dia mempertanyakan mengapa Bupati Kupang mau datang mengurus warga Kota Kupang. tetapi, lanjutnya, Gubernur sudah mengambil urus. “Tidak mungkin satu kota ada dua PDAM, itu terjadi hanya di Kota Kupang saja. PDAM Kota Kupang cari pelanggan yang belum dilayani PDAM Kabupaten Kupang. Padahal, ini kita punya wilayah,” tegasnya.

 
Ia berharap agar persoalan segera selesai, karena air merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Ia juga meminta kepada seluruh staf lapangan, staf administrasi untuk bekerja dengan baik, dan bekerja sesuai mekanisme, dan tugas untuk monitor dan pasang pipa air lakukan dengan baik agar masyarakat dilayani dengan baik agar masyarakat pelanggan puas dilayani.

 
Direktur PDAM Kota Kupang Noldy Mumu mengatakan, dalam syukuran ulang tahun keenam PDAM Kota, diberikan penghargaan kepada pelanggan teladan. Penghargaan diberikan karena mereka selama menjadi pelanggan tak pernah menunggak, dan menggunakan air ideal, tidak boros dan tak irit dengan penggunaan rata-rata 20 meter kubik per bulan. Mereka juga membantu melaporkan adanya kebocoran dan pencurian air oleh pelanggan. (S-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz