Minggu, 22 April 2018 | 18:32
12

Nefonaek Gencarkan Pencegahan HIV/AIDS

KELURAHAN Nefonaek, Kecamatan Kota Lama, terus menggencarkan upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Pihak kelurahan menggandeng Rumah Perempuan Kupang (RPK) dalam menjalankan program Warga Peduli AIDS (WPA) di kelurahan tersebut. Demikian dikatakan Lurah Nefonaek Titus Ratuarat, saat ditemui di kantor Kelurahan Nefonaek, Selasa (7/4).

 
Titus mengatakan, pembentuk WPA di Kelurahan Nefonaek oleh Komisi Penanggulan AIDS (KPA) Kota Kupang baru dilakukan, sehingga kepengurusannya baru akan dibentuk. Keberadaan WPA melibatkan kelurahan sebagai penanggung jawab. Pihak kelurahan tak akan membiarkan WPA berjalan sendiri dalam menjalankan program yang diagendakan.

 
Selain itu, dalam menjalankan program kerja WPA, lanjut Titus, pihak kelurahan dan WPA akan menggandeng RPK. Sehingga, program-program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS bisa berjalan maksimal, mengingat RPK juga konsen dalam program-program penanggulangan HIV/AIDS.

 
Selain konsen pada penanggulangan HIV/AIDS, kerja sama WPA dan RPK juga akan menyentuh penanganan penyakit medis lainnya, seperti penyakit menular seks (PMS), hepatitis C, dan penyakit menular seks lainnya. “Bersama RPK, WPA akan berupaya melakukan pencegahan  masalah – masalah penyakit medis yang ditimbulkan akibat perilaku masyarakat, seperti IMS, hepatitis C, dan HIV-AIDS,” kata Titus.

 
Kelurahan Nefonaek, lanjutnya, merupakan kelurahan model dalam upaya dan gerakan warga yang memiliki kesiapan, kemampuan, dan kemauan untuk berpartisipasi dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan masalah – masalah penyakit medis, yang ditimbulkan akibat perilaku masyarakat, khususnya HIV/AIDS.

 
WPA yang digunakan adalah organisasi yang diatur oleh sistem kewilayahan di masing-masing kelurahan secara terstruktur, untuk memudahkan proses koordinasi dan kerja sama dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di masing-masing wilayah.

 
Direktris Rumah Perempuan Kupang Libby Sinlaeloe mengatakan, pihaknya mendukung pembentukan WPA di Kelurahan Nefonaek. Kelurahan Nefonaek merupakan kelurahan model, sehingga bisa dijadian rujukan oleh kelurahan lain. Untuk itu, dia meminta kepada kelurahan untuk tidak fokus pada satu isu saja, namun, perlu melihat isu lain agar bisa menciptakan masyarakat yang bebas HIV/AIDS. “Kami tentunya siap mendukung dan bekerja sama dengan WPA yang dibentuk di Kelurahan Nefonaek.

 

Apalagi, masalah pencegahan HIV/AIDS ini juga salah satu isu yang menjadi program kerja Rumah Perempuan,” katanya. Dia meminta, agar pemuda Kelurahan Nefonaek bisa menjadi pelopor dalam upaya pencegahan terhadap HIV/AIDS di Kota Kupang. Karena, potensi pemuda di Nofenaek sangat besar untuk dikembangkan. (S-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz