Jumat, 27 April 2018 | 08:38
46

Mone Ama Raijua Dukung Mandiri Jilid II

PARA Mone Ama (Dewan Adat) dari Kecamatan Raijua menyatakan dukungan kepada Bupati Marthen Dira Tome dan Wakil Bupati Nikodemus Rihi Heke untuk tetap maju pada Pilkada Sarai tahun ini, dan tidak boleh mundur.

 
Pernyataan dukungan itu disampaiakan secara langsung oleh Mone Ama pada saat tatap muka dengan Bupati dan Wakil Bupati di ruang kerja Bupati Sabu Raijua, Rabu (8/4). Pernyataan dukungan disampiakan Tarru Tige yakni Kenuhe Nada Ibu, Gena Lakki yakni Banni Deo, dan Rae Hatu yakni Mau Kia mewakili kedua belas orang Dewan Adat Raijua yang hadir pada saat itu.

 

Mereka bersepakat bahwa pemimpin yang saat ini harus tetap melanjutkan kemimpinannya untuk kedua kalinya, sebab selama ini hasil kerja mereka sudah dirasakan masyarakat terutama Mone Ama dan anak suku yang ada di Kecamatan Raijua.

 
Tarru Tige mengatakan, tidak ada alasan bagi masyarakat Raijua tidak mendukung paket Mandiri, sebab programnya dalam memperhatikan dan mempertahankan ritual adat yang selama ini dilaksanakan oleh Mone Ama sudah dirasakan, dan dinikmati semua masyarakat adat Raijua.

 
“Dukungan ini secara sadar kami katakan karena memang kami sudah rasakan dan kami tidak mau ada orang lain yang pimpin kami untuk yang kedua kalinya. Programnya sudah sangat membantu kami, mulai dari perhatian kepada kami untuk diberikan insentif setiap bulan sampai memperbaiki semua rumah adat,” katanya.

 
Dikatakannya, mereka tidak berbicara terlalu banyak karena mereka bukan politisi yang jago bersilat lidah dengan segala macam janji. Apa yang keluar dari mulut mereka, adalah dukungan murni yang tidak pernah dipaksakan orang lain, dan akan menyampaikan kepada semua anak suku untuk bersatu hati dalam mendukung kembali paket Mandiri pada pilkada yang akan datang.

 
Gena Lakki dan Rae Hatu mengatakan, kepimpinan Mandiri harus tetap dilanjutkan, karena tidak semua pemimpin mau memperhatikan budaya yang ada dan bahkan bisa saja budaya yang sudah dipertahankan perlahan-lahan akan lenyap, apabila yang memimpin orang baru, karena belum tentu mengerti betul tentang adat dan budaya Sarai.

 
“Kita tetap pilih Bapak Matade dan Maballa karena mereka dua selama ini sudah membangkitkan semangat kami untuk menjalankan semua ritual yang ada. Kami tidak yakin sama sekali dengan pemimpin lain selain kedua orang ini karena kami sudah rasakan buktinya,” ata Gena Lakki.

 
Sementara Rae Hatu menegaskan, siapa saja yang datang kepadanya tidak ada lagi tempat karena sudah mempunyai komitmen bahwa pilihan hanya satu yakni paket Mandiri. “Hanya satu saja untuk kami yakni Mandiri dan Mandiri tidak boleh mundur. Karena hanya mereka dua yang menjadi orang tua kami selama ini,” katanya.

 
Menanggapi pernyataan para Mone Ama, Bupati Sabu Raijua Marthen Dira Tome menyampaikan terima kasih, karena telah memberikan pernyataan bahwa tetap ingin mendukung, dan meminta supaya jangan mundur, harus tetap memimpin daerah ini. Hal itu adalah keinginan yang disambut dengan sangat hangat, karena memang rencananya akan bertarung lagi di dalam Pilkada nanti.

 
“Nah ini kami lihat ini sebagai dukungan yang positif, tetapi kami tetap berpesan bahwa kita juga tidak boleh menutup pintu bagi para kompetitor yang ingin bersaiang, tentu mereka akan datang ke Sarai dengan niat yang baik dan tulus,” kata Dira Tome.

 
Dikatakannya, bagi kompetitor lain silahkan datang dan mari bersaiang secara sehat. Dira Tome berpesan kepada para Mone Ama supaya tidak boleh menjelekan satu dengan yang lain. “Kita mencoba untuk membangun image yang baik saja. Kita berkampanye dengan baik-baik, tidak perlu kita saling menyalahkan, saling menjatuhkan dengan cara-cara yang tidak terhormat,” kata Dira Tome.

 
Diyakini Dira Tome, saat ini paket Mandiri jilid II telah mendapat dukungan dari Deo Rai dan Deo Ama. Semunya berdoa untuk Mandiri dan semuanya dukung Mandiri. “Kami sangat senang dan dengan senang hati kami menerima dukungan ini, dan kami tetap mohon dukungan sehingga para Mone Ama akan mempengaruhi masyarakat dan anak tanah di Raijua sehingga nanti bulat untuk Mandiri,” kata Dira Tome. (R-2)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz