Jumat, 27 April 2018 | 08:49

Masyarakat NTT Diajak Menabung lewat Laku Pandai

MASYARAKAT NTT yang belum terjangkau layanan perbankan dapat memanfaatkan Produk Layanan Keuangan tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan bekerja sama dengan bank-bank.

 
Ajakan ini disampaikan Wakil Gubernur NTT Benny Litelnoni dan Kepala Kantor OJK Regional III Sukamto pada acara launching Program Laku Pandai Putaran Pertama Regional III di Oesao, Kabupaten Kupang, Rabu (15/4). Litelnoni mengatakan, masih banyak orang NTT yang punya uang, namun tidak mau menabung di bank. Hal ini  karena mereka tidak terjangkau oleh layanan bank atau tempat tinggalnya jauh dari kantor bank.

 
Namun, dengan Program Laku Pandai yang diluncurkan OJK bekerja sama dengan bank-bank, masyarakat bisa langsung dilayani oleh agen-agen yang direkrut oleh bank-bank tersebut.
Dia berharap, inovasi yang dilakukan OJK ini dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang belum terjangkau layanan perbankan. Namun, program ini pun harus gencar disosialisasikan hingga ke masyarakat bawah.

 
Sementara Sukamto mengatakan, peluncuran Program Laku Pandai untuk Kantor OJK Regional III yang meliputi Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, pertama dilakukan di NTT. Sebelumya peluncuran program ini sudah dilakukan di Papua dan Jawa Tengah. “Untuk peluncuran Laku Pandai putaran pertama di Regional III, kita mulai dari sini, kick off-nya dari Kupang, NTT,” ujarnya.

 
Laku Pandai, katanya, bertujuan melayani masyarakat di pelosok-pelosok. Warga yang menyimpan uang lewat agen-agen Laku Pandai yang direkrut bank-bank, tidak dikenai  biaya administrasi atau pemotongan saat melakukan penyetoran dan penarikan.

 
Sukamto berharap, kehadiran Laku Pandai di NTT dapat memenuhi harapan masyarakat NTT. Program ini diharapkan dapat berpenetrasi sampai ke daerah-daerah yang belum ada pelayanan bank. Untuk pelaksanaan Program Laku Pandai, OJK bekerja sama dengan empat bank yakni BRI, BCA, Bank Mandiri, dan BTPN. Namun, di NTT, baru ada tiga bank yang melaksanakan program ini yakni BRI dengan nama BRILink, Bank Mandiri dengan nama Mandiri E-cash, dan BTPN dengan nama PT BTPN Wou.

 
Acara peluncuran Program Laku Pandai di Oesao ditandai dengan pemukulan gong oleh Wagub Benny Litelnoni, kemudian diikuti dengan  testimoni dari staf BRI, Bank Mandiri, dan BTPN, simulasi transaksi dengan melibatkan agen-agen yang direkrut bank. (C-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz