Minggu, 22 April 2018 | 18:04
1

Liga Ditunda, Jadwal Berantakan

PT Liga Indonesia akhirnya memutuskan untuk menunda kembali kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015 selama dua pekan. Keputusan itu diambil setelah mereka melakukan rapat dengan 18 klub ISL di Hotel Park Lane, Jakarta, pada Rabu (8/4) malam. “Semua pertandingan yang berlangsung pada 12-25 April dibatalkan,” kata Darwis Satmoko, perwakilan Bidang Kompetisi PT Liga Indonesia.

 
Selanjutnya, untuk kelanjutan kompetisi ISL masih menunggu kejelasan dan kebijakan dari pengurus baru PSSI yang akan dipilih pada Kongres Luar Biasa PSSI pada 18 April nanti di Surabaya. “Jadwal baru nanti akan dirilis seusai kongres,” lanjut Darwis. Penundaan kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu memang cukup mengejutkan.

 

Pasalnya, kompetisi yang kini bernama QNB League itu baru berlangsung pada 4 April lalu. Padahal, semula kompetisi dijadwalkan berlangsung pada Februari lalu. Namun, karena sebagian besar klub tidak bisa memenuhi persyaratan yang diminta Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), kick-off kompetisi baru dimulai pada 4 April lalu.

 
Bahkan sebagian besar tim pun baru melakoni dua laga. Keputusan PT Liga Indonesia untuk menunda kompetisi amat mungkin disebabkan masih adanya polemik antara
BOPI dan Kemenpora. Sampai kini BOPI masih tidak mengizinkan dua klub, Arema Cronus dan Persebaya Surabaya, mengikuti kompetisi lantaran tidak lolos verifikasi.

 
Sementara itu, kedua klub tersebut tetap ngotot untuk main dan juga PT Liga juga mengizinkan mereka. Akibatnya, hubungan PSSI dengan Kemenpora pun kembali memanas.
Kemenpora bahkan sudah mengirimkan surat teguran kepada organisasi yang kini diketuai Djohar Arifin Husin tersebut. Pada bagian lain, BOPI secara resmi mengirimkan surat larangan bertanding bagi Arema dan Persebaya di QNB league.

 
“Tadi (kemarin) surat larangan sudah saya tanda tangani dan sudah dikirimkan ke PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi,” kata Ketua BOPI Noor Aman. Menurut dia, surat larangan itu diterbitkan setelah mereka kembali bertemu dengan PT Liga.

 

Ganggu jadwal Dampak dari penundaan kompetisi itu membuat jadwal klubklub menjadi berantakan. Arema 3 Cronus misalnya, memutuskan untuk membatalkan laga tandang mereka ke Kalimantan melawan Mitra Kukar dan Pusamania Borneo FC.

 
Media Officer Arema Sudarmaji, di Malang, mengakui untuk sementara mereka membatalkan keberangkatan. “Kami masih menunggu keputusan PSSI terkait keberlanjutan kompetisi.” Pembatalan keberangkatan Arema ke tanah Kalimantan tersebut cukup mengejutkan pemain dan pelatih tim berjuluk ‘Singo Edan’ itu.

 
“Saya baru mendapat kabar tadi pagi (kemarin) perihal pembatalan itu. Tentu saja kami kaget dan mau tidak mau kami harus memutar otak untuk mengubah agenda latihan serta menyusun program baru,” kata pelatih Arema, Suharno.

 

Hal senada dikatakan Sekretaris Persegres Gresik United, Hendri Febry. Menurut dia, penundaan itu berdampak pada sisi teknis tim, yang sebenarnya sudah mempersiapkan diri di kompetisi ini. “Yang paling berpengaruh ialah sisi mental tanding pemain. Dengan ditunda, tentu kami harus menata ulang lagi,” tukasnya. (mi/R-2)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz