Jumat, 20 April 2018 | 16:52
15

KSP Mawar Terapkan Strategi AMAL

KOPERASI Simpan Pinjam (KSP) Mawar Naikoten 2, Kota Kupang menerapkan strategi ‘anggota mencari anggota lain’ (AMAL) tahun 2015. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan jumlah anggota maupun modal koperasi.

 
Demikian dikatakan Ketua KSP Mawar Martha D Mata Rompas saat acara rapat anggota tahunan (RAT) di Restoran Glory, Kota Kupang, Selasa (31/3) Dia mengatakan, untuk mewujudkan strategi tersebut, anggota KSP Mawar diharapkan senantiasa mempertahankan sikap kooperatif, disiplin, dan kekeluargaan yang dijalin selama ini demi kemajuan Kopdit Mawar ke depan.

 
Sikap-sikap tersebut, kata dia, hasilnya sudah terwujud dalam kinerja KSP Mawar selama ini yang mencatat sisa hasil usaha (SHU) tahun 2014 sebesar Rp 10.149.825. Padahal, sejak berdiri pada Maret 2014 lalu, modal awal hanya sebesar Rp 1.640.000.

 
“Saya berterima kasih kepada seluruh anggota karena dalam semangat kekeluargaan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan, serta saling medukung KSP Mawar berjalan baik,” ujarnya.
Dia juga berterima kasih kepada Gubernur NTT Frans Lebu Raya karena telah memberikan dana Anggur Merah sebesar Rp 250 juta dan dana hibah bergulir sebagai modal awal koperasi.

 
Sementara itu, Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTT Dominikus Ancis mengatakan, jumlah koperasi yang ada di NTT per 31 Desember 2014 telah mencapai 3.130 koperasi. Sampai saat ini, koperasi yang sudah melakukan RAT tepat waktu sebanyak 63 persen, termasuk Koperasi Mawar.

 
Dia juga menyarankan kepada anggota KKSP Mawar agar dalam memajukan koperasi harus memiliki tiga status atau jabatan yaitu yang pertama jabatan sebagai pemilik koperasi, pengguna koperasi, dan pelanggan koperasi. (mg-05/C-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz