Kamis, 26 April 2018 | 23:37
50

Kredit di Bank Cukup Kantongi IUMK

PELAKU usaha mikro dan kecil di NTT tak perlu lagi mengeluh kesulitan mengakses kredit modal usaha di bank. Hanya dengan memiliki Kartu Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) yang diterbitkan Bank BRI, para pelaku usaha ini bisa mendapat kredit dari BRI. Jaminan kreditnya ditanggung oleh lembaga penjaminan yang masuk dalam Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo).

 
Deputi Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UMKM Braman Setyo yang juga Pengawas Jamkrindo kepada wartawan di Hotel Aston Kupang, Senin (27/4), mengatakan, program Kartu IUMK merupakan kesepakatan antara BRI, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UMKM, dan Asippindo.

 
Asippindo, kata dia, memiliki 19 anggota terdiri dari Perum Jamkrindo selaku BUMN, tiga lembaga penjaminan swasta, dan lembaga pejaminan lainnya yang merupakan BUMD, termasuk PT Jamkrida NTT.

 
Untuk NTT, kata Setio, Jamkrindo sebagai salah satu anggota Asippindo telah bekerja sama dengan BRI, sehingga pelaku usaha mikro dan kecil yang memegang Kartu IUMK dapat mengakses kredit  dari BRI dengan jaminan dari BUMN itu.

 
Menurutnya, Kota Kupang merupakan daerah ke-11 yang menggunakan Kartu IUMK yang diluncurkan oleh tiga kementerian bertempat di kantor Wali Kota Kupang, Senin (27/4). Setio mengatakan, tidak ada batasan bagi penerbitan Kartu IUMK. Bahkan diharapkan sebanyak-banyaknya karena bertujuan membantu pelaku usaha mikro dan kecil.

 
Dia menambahkan, dengan diluncurkan Kartu IUMK, pelaku usaha mikro dan kecil, mendapatkan pendampingan untuk usaha baru dan mendapatkan akses pembiayaan ke bank dan non bank.
Dia berharap, dengan penjaminan kredit oleh Asippindo, pengusaha yang dijamin kreditnya, dapat mengalami kemajuan atau naik kelas.

 
Keuntungan IUMK, kata dia, para pelaku usaha mikro dan kecil, mendapatkan kemudahan, pemberdayaan, dan perlindungan usahanya dari pemerintah dan lembaga lainnya. Sekretaris Jenderal Asippindo Nanang Waskito mengatakan, persyaratan untuk memperoleh kartu IUMK tidak rumit, antara lain KTP, usaha yang dijalankan, lokasi usaha, dan NPWP.

 
Pihaknya selalu siap memberikan penjaminan kepada pelaku usaha yang telah memegang Kartu IUMK, untuk mengakses kredit modal usaha dari BRI. Ditanya kartu yang sama dapat digunakan untuk mengakses kredit di bank lain, Nanang yang juga Direktur Penjaminan Non Bank Jamkrindo ini mengatakan, untuk sementara kerja sama penjaminan baru dengan BRI. (C-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz