Minggu, 22 April 2018 | 18:09
Ilustrasi Kasus Suap | Istimewa
Ilustrasi Kasus Suap | Istimewa

Korupsi Berjamaah di Aset Sagared

Media diharapkan terus mengawal proses hukum kasus ini agar kebenaran hakiki dapat terungkap dan tidak ada rekayasa.

Mutiara Malehere

TERSANGKA dugaan korupsi penjualan aset negara eks PT Sagared Paulus Watang melalui kuasa hukumnya Fransisco Bessie membuka fakta baru bahwa sejumlah jaksa di Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT turut andil dalam pusaran penjualan aset sitaan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Fransisco kepada VN melalui saluran telepon, Minggu (28/2).

Dikatakan Fransisco, penjualan aset tersebut bukan saja terjadi pada tahun 2015. Namun jauh sebelumnya, aset tersebut telah dijual kepada pihak lain. Sehingga, dirinya menduga kliennya merupakan korban dari skenario jebakan yang dilakukan oknum jaksa di Kejati NTT.

“Penjualan aset sitaan tersebut bukan saja pada tahun 2015, namun telah terjadi jauh sebelumnya. Skenario penjualan aset eks PT Sagared itu dilakukan secara sistematis, terstruktur, dan masif. Luar biasanya lagi, hal tersebut dilakukan oknum-oknum jaksa Kejati NTT secara berjamaah,” ungkap Bessie.

Dia menilai, perbuatan korupsi dalam penjualan aset eks PT Sagared ini sangat luar biasa. Faktanya sangat menggemparkan apabila publik mengetahui kondisi riil dalam proses penjualan aset sitaan tersebut.

“Kami secara terang benderang akan membuka fakta tindak pidana korupsi secara berjamaah yang melibatkan oknum jaksa di Kejati NTT periode sebelumnya, dalam pusaran penjualan aset eks PT Sagared. Karena itu, kami minta media terus mengawal proses hukum kasus ini dalam rangka mengungkap kebenaran hakiki,” katanya.

Menurutnya, pelimpahan kasus tersebut ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Oelamasi telah sesuai dengan ketentuan, prosedur, dan mekanismenya.

“Seharusnya, sejak awal penyelidikan kasus ini ditangani Kejari Oelamasi. Tetapi, setelah penetapan tersangka barulah Kejati  NTT melimpahkannya ke Kejari Oelamasi itu penuh sejuta tanda tanya,” katanya.

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz