Sabtu, 21 April 2018 | 19:21
FOTO HAL 6 METRO KERJA BAKTI copy

Koramil Bersihkan Pantai NBS

Pertamanan Kota Kupang, serta warga dan pihak Kelurahan Nunbaun Sabu melakukan kerja bakti bersama membersihkan Pantai Nunbaun Sabu. Ini menunjukkan kesadaran warga Kelurahan Nunbaun Sabu untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah dan pinggir pantai kian meningkat.

 
Demikian dikatakan Lurah Nunbaun Sabu Ruth J Djami, kepada VN, di sela-sela menghadiri kegiatan lomba mewarnai di Pantai Lasiana, Minggu (19/4).  Dia mengatakan, selain rutin menggelar kegiatan kerja bakti, menjelang pelaksanaan hari ulang tahun (HUT) ke-19 Kota Kupang, Kelurahan Nunbaun Sabu juga menggelar kerja bakti bersama.

 

Dalam kerja bakti kali ini, kata Ruth, tidak saja melibatkan warga kelurahan. Namun,  melibatkan Koramil Alak dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kupang. Kerja bakti yang dilaksanakan pada Rabu (15/4) lalu itu, dipimpin langsung Danramil Alak Kapten Inf Sulaeman AB Syukur. “Saya dan Pak Danramil bersama Pak Kadis Obed Kadji pimpin langsung kegiatan pembersihan di sepanjang Pantai Nunbaun Sabu,” katanya.

 
Dalam pelaksanaan pembersihan itu, anggota Koramil Alak, anggota Denzibag Kupang, petugas kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan bersama warga bahu membahu membersihkan sampah di sepanjang pantai di pesisir Pantai Nunbaun Sabu. Kegiatan tersebut, lanjutnya, selain untuk menyongsong HUT ke-19 Kota Kupang, juga mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang menciptakan kota yang bersih sebagai persiapan penilaian Adipura.

 
Ia berharap, setelah dilakukan pembersihan itu, warga tak lagi membuang sampah di pinggir jalan, agar pesisir pantai tak lagi ditumpuki sampah.  Kepala Dinas Kebersihan Kota Kupang Obed Kadji mengatakan, dalam kegiatan pembersihan itu, pihaknya membantu menyiapkan armada untuk mengangkut sampah yang dibersihkan. Ia sangat respek dan langsung menyikapi jika ada permintaan dari kelurahan yang melakukan pembersihan di kelurahan.

 
Menurutnya, dengan melibatkan warga dalam kegiatan seperti itu, dapat meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga kebersihan. “Kebersihan kota ini bukan hanya tanggung jawab dinas tapi tanggung jawab semua warga Kota Kupang,” katanya.

 
Dia menjelaskan, setelah kebersihan perlahan-lahan sudah dapat diatasi, maka ke depan ia bersama jajarannya di dinas mulai berkonsentrasi menata taman-taman yang ada di dalam kota. Selain ditata, dinas juga akan menanam tanaman di taman-taman di dalam kota.

 
Selama ini, masih ada taman yang belum terlalu mendapatkan perhatian, karena dinas masih berkonsentrasi mengurus kebersihan. “Kalau masalah sampah sudah bisa kita atasi, ke depan kita mulai perhatikan taman,” katanya.

 
Dia berharap, jika taman sudah mulai dibenahi, harus dijaga bersama oleh warga. Jangan sampai setelah ditata dan ditempatkan sejumlah pot bunga di taman, malah dirusak orang tak bertanggung jawab. Karena, selama ini masih saja ada orang tak bertanggung jawab yang mencabuti bunga dan memecahkan pot bunga yang diletakkan di sejumlah taman di dalam kota. (S-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz