Minggu, 22 April 2018 | 18:27
FOTO HAL 02 WINSTON RONDO 180415 copy

Komisi V Bertemu Warga NTT di Nunukan

ANGGOTA Komisi V DPRD NTT melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat perantau asal NTT di Nunukan, Kalimantan Utara. Anggota Komisi V DPRD NTT tersebut diundang Forum Komunikasi Pemuda NTT Nunukan dan melangsungkan pertemuan di rumah Welhemus Wisang, di Kelurahan Selisung, Nunukan Selatan, Kamis (16/4).

 
Ketua Komisi V DPRD NTT Winston Rondo yang dihubungi melalui layanan BBM, Jumat (17/4) menjelaskan, ada tiga aspek penting yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut. Pertama, masalah TKI di Malaysia khususnya yang berasal dari NTT sangat memprihatinkan. Para TKI tersebut masuk ke Malaysia tanpa dokumen resmi sehingga berdampak pada penghasilan yang kecil dan selalu dikejar aparat keamanan.

 
Selain itu, menurut Winston, dalam percakapan tersebut terungkap bahwa para TKI yang mayoritas berasal dari Flores berusaha secara mandiri dalam mencari pekerjaan maupun keluarga mereka yang sudah duluan berada di daerah tersebut. Padahal, di sisi lain, TKI yang bekerja di Malaysia memberikan sumbangan remitansi terbesar bagi NTT.

 
Memperhatikan persoalan tersebut, menurut Winston, salah satu tokoh kerukunan Keluarga Bagolit Adonara Baharudin Lega mengusulkan supaya anggota Komisi V DPRD NTT dapat memperjuangkan kepentingan masyarakat NTT yang berada di Nunukan. Baharudin berharap, Pemerintah Provinsi NTT dapatb membangun kerja sama dengan Pemerintah Kalimantan Utara untuk mengatasi persoalan data kependudukan masyarakat NTT yang ada di Nunukan.

 
Karena selama ini, kata Baharudin, masyarakat asal NTT yang berada di Nunukan sangat sulit mendapat kartu identitas kependudukan yang merupakan salah satu syarat penting untuk bisa bekerja di Malaysia. “Kami harap ada kerja sama antardua pemerintah sehingga kita bisa diperhatian di tanah rantau,”harap Baharudin. (yes/R-2)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz