Kamis, 26 April 2018 | 23:31
30

Komisi IV DPRD NTT Dorong Pemenuhan Kebutuhan Listrik

KOMISI IV DPRD NTT sudah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan PT PLN Wilayah NTT. Selain itu, peninjauan terhadap PLTU Bolok pun sudah dilakukan. Bahkan, sudah melakukan kunjungan ke PT PLN Pusat. Tapi persoalan pemenuhan kebutuhan listrik bagi masyarakat NTT bagaikan jauh panggang dari api.

 
Apalagi, saat ini rasio elektrifikasi di NTT baru mencapai 60 persen. Karena itu, perlu terobosan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi tersebut sehingga bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat NTT. Salah satu caranya dengan melakukan pendekatan kepada Kementerian ESDM, sehingga secepatnya mewujudkan pelayanan listrik yang baik bagi masyarakat NTT.

 
Anggota Komisi IV DPRD NTT Jefri Unbanunaek, Rabu (8/4) menjelaskan, dalam konteks demikian, Komisi IV DPRD NTT telah meminta Kementerian ESDM untuk melayani kebutuhan listrik bagi masyarakat yang berada di wilayah terpencil melalui PLTS.

 

Selain PLTS yang dalam tahun ini bisa direalisasikan di beberapa tempat, Komisi IV DPRD NTT, kata Jefri, juga mendorong pengembangan Pusat Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), dan memanfaatkan potensi energi baru terbarukan yang ada di NTT. “Di dalam kondisi PT PLN Wilayah NTT saat ini, kita butuhkan solusi cerdas atasi masalah kebutuhan masyarakat maupun dunia usaha,” kata Jefri.

 
Sebelumnya, Ketua Komisi IV DPRD NTT Alexander Ena dalam berbagai kesempatan mengatakan, sebagai mitra kerja PT PLN Wilayah NTT, pihaknya terus mencari jalan keluar terbaik untuk bisa memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat NTT. Karena listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang tingkat ketergantungannya cukup tinggi. (mg-08/R-2)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz