Kamis, 26 April 2018 | 23:29
Untitled-3 copy

Kodim Bantu Air Bersih untuk Tiga Desa

KOMANDO Distrik Militer (Kodim) 1621/TTS mendekatkan pelayanan air bersih bagi masyarakat Desa Olais, Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten TTS dengan pembangunan pompa hidrolik di sumber air Oekaes, yang terletak di RT 01/RW 01 Dusun 1, Desa Olais.

 
Komandan Distrik Militer (Dandim) 1621/TTS Letkol Hagus Indaryanto kepada VN di sumber air Oekaes, Selasa (21/4) mengatakan,  program TNI Karya Bakti Tahun 2015 akan membangun tiga titik pompa hidrolik, yakni di sumber air Oekaes di Desa Olais, Kecamatan Kuanfatu, Desa Snok, Kecamatan Amanatun Utara, dan Desa Hane, Kecamatan Batuputih.

 
“Titik pertama pelayanan air bersih dibangun Kodim 1621/TTS adalah di Desa Oekaes. Pembangunan telah dilaksanakan, sedangkan dua titik lainnya akan menyusul setelah sumber air Oekaes selesai dikerjakan.” katanya.

 
Dia menambahkan, program pembangunan pompa air hidrolik merupakan  program dari Kodam IX/Udayana, yang merupakan program Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), untuk mendukung swasembada pangan, sesuai dengan program Presiden Jokowi.

 
“Kodim 1621/TTS dipilih menjadi salah satu Kodim di jajaran Korem 161/Wira Sakti yang menjalankan program pembangunan pompa hidrolik untuk membantu kebutuhan air bersih warga yang selama ini mengalamai kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih,” katanya.

 
Dia menjelaskan, dalam menjalankan program pembangunan pompa air hidrolik, tentunya tidak terlepas dari dukungan pihak lain. Jika jarak dari sumber air ke pemukiman jauh, maka Kodim bekerja sama dengan Pemkab, LSM dan swadaya masyarakat.

 
Perancang sistem pompa hidrolik Herman Nafi menuturkan, pembangunan pompa hidrolik tidak sulit, dan bahannya terjangkau masyarakat di desa. Namun, semuanya tergantung masyarakat setempat dan dukungan pemerintah.

 
“Pompa hidrolik menggunakan grafitasi, sehingga tidak membutuhkan bantuan aliran listrik atau lainnya. Jadi tidak membutuhkan biaya perawatan,” ungkap Nafi.
Kepala Desa Olais Moses Nubatis menyampaikan terima kasih kepada pihak Kodim 1621/TTS yang telah memilih sumber air Oe Kaes untuk membangun pompa hidrolik.

 

Sebab, selama ini 207 kepala keluarga (KK) yang tersebar di dua dusun itu kesulitan untuk memperoleh air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Atas nama masyarakat, saya menyampaikan terima kasih karena masyarakat sudah akan terbantu dengan program pompa hidrolik,” katanya. (lys/R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz