Jumat, 27 April 2018 | 08:42
26

Kodim Antisipasi Ancaman ISIS

ISU masuknya kelompok  Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di tiga kabupaten, yakni Manggarai Barat (Mabar), Manggarai, dan Manggarai Timur (Matim) menjadi perhatian serius Kodim/1216 Manggarai. Kodim akan gencar melakukan pemantauan di kawasan strategis seperti Pelabuhan Laut, Bandara dan tempat basis umat islam. Hal itu dilakukan demi menjaga stabilitas keamanan menjelang pelaksanaan perayaan Paskah.

 
Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1216/Manggarai Letkol (Kav) Imron Rosdi kepada wartawan usia menggelar rapat bersama pimpinan SKPD lingkup Setkab Mabar, Senin (30/3). Menurut Imron, keberadaan ISIS tidak sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia, maka keberadaan ISIS mengancam tatanan bangsa.

 
“Ada beberapa daerah di Manggarai yang rawan dimasuki kelompok ISIS, terutama daerah di pinggiran pantai dan Pusat umat muslim. “Kita terus memantau di semua wilayah yang masuk wilayah Kodim/1216. Untuk sementara belum ada yang mencurigakan, untuk mengantisipasi masuknya ISIS, akan melakukan kordinasi dengan seluruh elemen terkait dan juga dengan tokoh agama,” katanya.

 
Menurutnya, pihaknya akan lakukan monitoring bersama kepolisian, dan Pemkab, agar mencegah masuknya ISIS di Mangggarai. “Yang jelas ISIS ideologinya Islam, kita bukan curiga, tetapi kita pantau mereka.

 

Selama ini Kodim melakukan pengawasan di pintu masuk seperti Pelabuhan Labuan Bajo, Bandara Komodo, Pelabuhan Aimere dan di seputaran tempat yang merupakan Pusat Islam, seperti wilayah Reo, Kecamatan Reok, wilayah Iteng, dan Labuan Bajo Camat Mbeliling Franciskus Selatan menambahkan, harus ada perintah tugas dari Bupati untuk melakukan pengawasan ketat terhadap anacaman ISIS yang sudah mulai masuk di NTT.

 
Selaku bawahan, kata dia, pihaknya bukan tidak berani melakukan pengawasan dan tindakan, tetapi yang terpenting adalah payung utama adalah acuan melakukan tugas. “Selama ini, Bupati belum mengeluarkan pernyataan imbauan mengantisipasi ancaman ISIS, sehingga camat dan komponen sama sekali belum melakukan pemantauan,” katanya. (nan/R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz