Jumat, 20 April 2018 | 17:05
69

Klasis Kota Tetapkan Balon Ketua Sinode

TIGA nama akan diusulkan oleh Klasis Kota Kupang sebagai bakal calon (balon) ketua Sinode GMIT pada sidang Sinode GMIT di Rote Ndao nanti. Tiga nama yang telah ditetapkan untuk diusulkan oleh Klasis Kota Kupang adalah Pendeta Merry Kolimon, Pendeta Benyamin Nara Lulu, dan Pendeta Eli Candra. Ketiga nama itu telah ditetapkan dalam Sidang Istimewa Klasis Kota Kupang di Gereja Kemah Ibadat, Kamis (9/4).

 
Pantauan VN, selain ketiga nama itu, tiga nama lain juga ditetapkan untuk diusulkan sebagai bakal calon wakil ketua Sinode GMIT. Ketiga nama itu adalah Pendeta Ridwan Fanggidae, Pendeta
Boy Takoy, dan Pendeta Ince Ay-Touselak. Ketua tim kerja, Yohanes Ratu di hadapan peserta sidang mengatakan, tim kerja hanya melaksanakan tugas menjaring bakal calon ketua Sinode GMIT.

 
“Ada 42 jemaat di Kota Kupang yang mengisi dan semuanya terpenuhi,” katanya. Sidang penjaringan bakal calon ketua Sinode GMIT yang dipimpin Pendeta Lory itu diwarnai interupsi dari sejumlah peserta sidang. Interupsi dimulai saat pembahasan tata tertib hingga usulan agar mengakomodir sejumlah nama saja.

 
Setelah melalui perdebatan, sidang memutuskan memilih tiga nama yang memperoleh suara terbanyak untuk diusulkan pada Sidang Sinode mendatang. Awalnya, ada sembilan nama yang diusulkan. Namun, hanya lima nama diajukan untuk dipilih peserta rapat. Dari lima nama itu, tiga peraih suara terbanyak yang diusulkan.

 

Dalam pemilihan tersebut, Pendeta Merry Kolimon meraih suara terbanyak (69 suara), disusul Pendeta Benyamin Nara Lulu (35 suara), dan Pendeta Eli Candra (5 suara). Ketiganya menyisihkan dua nama lain yakni Pendeta Mesakh Dethan dan Pendeta Rio Fanggidae.

 
Sedangkan pada pemilihan bakal calon wakil ketua Sinode GMIT, Pendeta Ridwan Fanggidae memperoleh 68 dukungan suara, Pendeta Boy Takoy meraih 20 suara, dan Pendeta Ince Ay-Touselak mendapat sembilan suara. Sementara Pendeta Agustina Oematan-Litelnoni mendapatkan tujuh suara dan Pendeta Maria Litelnoni memperoleh satu suara.

 
Tiga peraih suara terbanyak akan dibawa untuk diusulkan Klasis Kota Kupang sebagai bakal calon wakil ketua Sinode GMIT pada Sidang Sinode. Usulan Jemaat Ketua Panitia Sidang Majelis
Klasis Kota kupang Anton Kerihi menjelaskan, usulan nama-nama tersebut berasal dari 42 perwakilan jemaat yang ada di wilayah Klasis Kota Kupang.

 

Nama-nama itu sudah digodok terlebih dahulu. “Seperti yang dilihat, namanama tersebut ditentukan di forum sidang,” katanya. Pada sidang hari terakhir itu, dicapai sejumlah kesepakatan terkait program yang akan dilaksanakan tahun ini. Di antaranya untuk bidang koinonia dilaksanakan kegiatan pertukaran mimbar antar-jemaat se-Klasis Kota Kupang. Untuk diakonia ada empat program kerja yakni kerja sama yang sinergis dengan Pemkot dan SKPD.

 

Kerja sama itu juga termasuk untuk melaksanakan nikah massal yang direncanakan pada Mei mendatang di Gereja Kota Baru. Juga diadakan sosialisasi oleh Badan Pertanahan Kota Kupang di Gereja GMIT Anugerah pada November mendatang. Sosialisasi itu sekaligus membahas tentang aset tanah milik GMIT. (mg-07/R-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz