Jumat, 27 April 2018 | 08:57
59

Jual Bakso untuk Bangun Rumah

SEGALA sesuatu akan indah pada waktunya. Itulah yang terbukti pada kehidupan Yakub Lende Dangga yang sehari-hari menjual bakso di wilayah Kabupaten Kupang. Meski berawal dari kuli bakso, ia kini mampu mengembangkan usahanya sendiri berkat pengalaman yang diperolehnya.

 
Saat ditemui VN, di Kantor Satlantas Polres Kupang di Baubau, Rabu (8/4), Yakub mengungkapkan kepercayaannya akan pepatah kuno ‘segala sesuatu indah pada waktunya’. Keyakinannya itu terbukti pada kehidupannya setiap hari, meski hanya dengan berjualan bakso, tetapi ia mampu membangun rumah permanen bagi keluarganya.

 
Pria asal Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya ini, berkisah bahwa selama 10 tahun ia bekerja menjual bakso milik orang. Namun, setelah berhasil mengumpulkan modal dan memiliki kemampuan dan keterampilan untuk membuat bakso sendiri, ia memilih untuk meninggalkan majikannya.

 
“Meski awalnya tidak berjalan mulus, tetapi saya mau berusaha untuk menjual bakso milik saya sendiri,” ujarnya kemudian terdiam sejenak. Meskipun harus setiap pagi bangun pukul 05.00 Wita untuk belanja, membuat bakso, selanjutnya menjual mulai pukul 10.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita ia menikmati pekerjaannya itu. Ia yakin, walau tidak sesukses pengusaha besar, tapi waktu itu akan tiba baginya untuk mengecap jerih payahnya itu.

 
Keyakinannya itu perlahan mulai tampak hasilnya. Setelah melewati masa-masa sulit pada tahun 2007 lalu, ia pun mulai menabung dari hasil jaulan baksonya. “Dari tabungan itu saya buat lagi dua kereta, lalu merekrut dua tenaga kerja untuk bekerja bersama saya menjual bakso,” katanya.

 
Sejak menjual bakso sendiri keuntungan yang diperolehnya sebesar Rp 150 ribu. Sekarang penghasilannya berlipat ganda karena dibantu dua orang pekerja. “Saat ini penghasilannya lumayan bisa sampai lima sampai enam juta sebulan. Syukurlah saat ini saya bisa membangun rumah berukuran 6×8 di kampung dari hasil jualan saya. Jadi tua bisa kembali ke kampung dan menikmati hasil kerja saya,” ungkapnya. (leksi salukh/C-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz