Jumat, 27 April 2018 | 08:43
27

Jangan Diskriminasi ODHA

MENJADI staf pada Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provins i NTT, bagi Rini Rochmaini Karsidin memiliki makna yang amat dalam. Sebab, dirinya dapat berkontribusi bagi kelompok
orang dengan HIV dan AIDS (ODHA).

 

Meskipun tugasnya sebatas menjalankan koordinasi terkait penanganan ODHA dengan lembaga dan instansi terkait, bagi ibu dari dua anak yang akrab disapa Rini ini, pengabdian tersebut merupakan persembahan yang tulus bagi ODHA yang selama ini masih mendapat perlakuan diskriminatif dari masyarakat.

 
Wanita kelahiran Kupang, 8 April 1977 ini mengaku sangat dekat dengan ODHA. Bahkan, dia tidak pernah risih atau canggung bersahabat dengan ODHA. “Kita mengerti soal apa itu HIV dan AIDS serta penularannya, jadi kita tidak takut berteman dengan mereka.

 

Mereka sama seperti kita, saya punya teman banyak ODHA, kita sering makan bareng temanteman,” jelasnya. Menurut Rini, tidak ada perlakuan diskriminatif terhadap ODHA, apalagi menganggap AIDS sebagai penyakit kutukan. Sebagai orang yang paham masalah HIV dan AIDS, bersahabat dengan ODHA merupakan contoh yang dipersembahkannya untuk orang lain dan lingkungan sekitar agar tidak mendiskriminasi ODHA. (yan/R-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz