Jumat, 27 April 2018 | 08:53
33

Jalan Salib Keliling Rumah Adat

ADA yang unik dalam perayaan Paskah di Stasi Raymundus Penyafort Kakaniuk, Paroki Santo Mikhael Biudukfoho, Kabupaten Malaka. Tidak seperti biasanya, perayaan Jalan Salib dibuat dengan cara yang unik dan istimewa. Umat berjalan mengelilingi rumah adat dengan memberkati rumah adat dan salib-salib setiap anggota suku rumah adat tersebut. Seperti disaksikan VN, umat mengikuti jalan salib dengan hikmat, penuh suasana iman dari perhentian pertama hingga perhentian terakhir.

 
Romo Benyamin Seran Pr, pastor yang memimpin ibadat Jalan Salib itu mengemukakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memperbarui iman umat dan terlebih untuk mengenang Kristus sebagai anak “orang kampung” yang biasa berjalan mengunjungi keluarga-keluarga yang miskin, susah dan sederhana.

 
“Bersama orang-orang di kampung ini (Boni dan Kakaniuk), kami ingin mengenangkan kembali perjalanan hidup Yesus bersama orang-orang sederhana di kampung dan secara khusus untuk memperbarui iman dan kepercayaan umat akan sengsara, wafat dan kebangkitan Kristus,” ujarnya.

 
Romo Benyamin juga mengatakan, Jalan Salib yang dilakukan itu merupakan keinginan bersama seluruh umat agar kampungnya juga dapat dibersihkan dari segala kejahatan dan malapetaka yang sesewaktu bisa mendatangi umat.

 

Ketua Stasi Raymundus Penyafort Kakaniuk Leonardus Seran ketika dimintai komentarnya mengemukakan sangat senang dan bangga dengan kegiatan seperti itu. Pasalnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi seluruh umat dan anggota-anggota suku yang ada di wilayah tersebut.

 

“Kita sangat bangga sehingga dengan cara seperti ini, iman umat semakin bertambah untuk menghayati sengsara, wafat dan kebangkitan Kristus,” ungkapnyan Sementara itu, umat lainnya Petronela Luruk mengatakan, sebagai umat dirinya senang karena menghayati jalan salib Tuhan dengan cara seperti itu, yakni pastor bersama seluruh umat mengunjungi setiap rumah adat dan berjalan keliling kampung. “Ke depannya, kegiatan seperti ini tetap dipertahankan sehingga kami umat merasakan kehadiran Tuhan sampai ke rumah-rumah kami,” pungkasnya. (vic/R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz