Jumat, 20 April 2018 | 16:54
Untitled-2 copy

Happy Birthday Kupangku!

KUPANG, kota hamparan karang. Eksotik dan indah di segala waktu. Kemarau tidak memudarkan kecantikannya. Musim hujan menambah daya pikatnya. Kota dengan letak laut yang memanjakan mata. Kemiringannya menambah pesona alamnya yang sangat sempurna.

 

Tak salah para pengunjung sukar menghapus kenangan nikmat dan indahnya kota ini. Namun, tidak sedikit pula yang meninggalkan pesan. Bukan pesan kepada kota karang. Tetapi pesan buat penghuninya, khususnya buat Pemerintah Kota Kupang. Isinya kurang lebih mengenai titipan untuk menjaga, merawat dan menata kota secara baik.

 

Kota cantik terberikan tinggal dipoles makin cantik. Keresahan muncul tatkala kecantikannya memudar. Zona hijau makin sedikit. Ruang rekreasi publik menyempit. Sebaliknya, gedung-gedung perbelanjaan ada di mana-mana. Rukoruko bertambah banyak, menyesaki sudut-sudut kota menambah sesaknya mata para penghuni memandangnya. Jalanan mulai disesaki jajakan.

 

Ada pedagang kaki lima, warung-warung pinggiran dan jajakan-jajakan yang memakan badan jalan. Di umurnya yang masih muda, kota ini butuh dipoles. Trotoar-trotoar yang sudah ada dirapikan dan zona-zona yang belum tersentuh mesti dibangun. Tata ruang sedini mungkin diperjelas.

 

Ruang publik dan zona hijau serta paru-paru kota adalah masa depan Kota Kupang. Jangan biarkan kota ini jadi padat, sumpek, dan runyam. Tugas Pemkot adalah mengantisipasi terkontaminasinya Kupang dari kerusakan bawaan seperti yang terjadi di kota-kota lainnya. Karenanya, perda yang jelas, keras, dan ketat dibutuhkan guna menghentikan laju tumbuhnya gedung-gedung, tempat-tempat perbelanjaan, hotel-hotel yang menyalahi tata ruang.

 
Demikianlah tubuh kota Kupang. Namun, di ulang tahunnya ini kita juga mendorong agar kota ini membenahi isi hatinya; karakter dan sistem pemerintahan serta pembangunan ekonomi. Karakter dan sistem yang mencakup transparansi sebagai bentuk pemerintahan yang bersih.

 

Warga Kota Kupang mengharapkan kado pemerintahan yang bebas korupsi. Mari merayakan Dirgahayu Kota Kupang ini dengan membawa kado perubahan. Pemkot bawa kado pemerintahan yang transparan, bersih, dan akuntabel serta tata kota yang lebih baik.

 

Masyarakat sendiri perlu membawa kado berisi komitmen menjaga kebersihan dan kenyamanan bagi kota. Mari menyatukan semua kado itu dalam kata sepakat: majukan dan adabkan Kota Kupang. Selamat ulang tahun!

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz