Jumat, 20 April 2018 | 16:54
60

GOPTKI NTT Perkenalkan Budaya pada Anak

MEMPERINGATI HUT Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) yang ke-58 dan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2015, pengurus GOPTKI Provinsi NTT menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Di antaranya gebyar seni dan kreativitas Tarian Ja’i Kreasi dan paduan suara bagi pelajar TK/PAUD yang bernaung di bawah GOPTKI.

 

Kegiatan yang bertujuan mengajarkan kebersamaan, kekompakan, melatih anak untuk bisa tampil dan mengenal budaya sejak dini itu dilaksanakan di Aula El Tari, Kupang, 27-28 April. Ketua GOPTKI NTT Bertha Salem-Ladju mengatakan, lomba yang dilaksanakan pada 27 April yakni gebyar seni dan kreativitas Tarian Ja’i Kreasi, sedangkan pada 28 April dilaksanakan lomba paduan suara.

 

Peserta lomba yakni sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan GOPTKI. Peserta lomba Tarian Ja’i Kreasi sebanyak 17 sekolah, dan setiap tim sebanyak 7-8 orang. Sementara peserta lomba paduan suara sebanyak 25 sekolah dengan anggota 10-15 orang. “Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan sebagai tanggung jawab pengurus daerah GOPTKI terhadap anak-anak TK/PAUD NTT setiap tahun,” ujar Bertha.

 

Kegiatan rutin tahunan itu berbeda setiap tahun. Tahun lalu dilaksanakan lomba cerita anak, puisi dan kegiatan lain yang berhubungan dengan anak. “Kategori juara, juara satu sampai enam dan bagi peserta yang juara disiapkan hadiah berupa piala tetap, uang motivasi bagi anak-anak dan sertifikat. Sementara kepada guru pendamping diberi hadiah uang motivasi dan sertifikat
sebagai penyemangat,” jelas Bertha.

 
Dia juga berpedan kepada dewan juri untuk memberikan penilaian secara objektif dan tanpa unsur SARA. Ketua Bidang Humas GOPTKI NTT Kristin mengungkapkan, pada lomba hari pertama,
enam sekolah telah dinyatakan sebagai pemenang. Sekolah-sekolah yakni juara I TK Pembina, Juara II diraih TK Anugrah Mapoli, Juara III oleh TK Barunawaty, Juara IV oleh TK Santa Maria Fatima, Juara V diraih TK Manusia Karya, dan Juara VI oleh TK Kartika.

 
Hadiah bagi para pemenang, katanya, juga telah diserahkan. Untuk hari ini, Selasa (28/4), akan dilanjutkan dengan lomba paduan suara yang diikuti 25 sekolah dengan peserta 10- 15 orang setiap sekolah. Lagulagu yang dilombakan adalah lagu-lagu nasional dan lagu daerah. (ari/R-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz