Sabtu, 21 April 2018 | 19:38
FOTO HAL 02 POLHUM 200415 NGADA copy

Genderang Pilkada Ngada Ditabuh

GENDERANG pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ngada sudah ditabuh. Tahapan dan proses pelaksanaan Pilkada di kabupaten tersebut sudah dimulai. Hal itu ditandai dengan launching Pilkada Ngada yang dilaksanakan di aula Pemkab Ngada, Sabtu (18/4).

 
Ketua KPU Kabupaten Ngada Thomas Djawa mengatakan, launching tahapan, program, dan jadwal Pilkada itu bertujuan memberikan kepastian kepada masyarakat Kabupaten Ngada bahwa proses, tahapan, program, dan jadwal pelaksanaan suksesi kepala daerah sudah dimulai.

 
Menurutnya, dengan lahirnya UU Nomor 08 tahun 2015 dan diiundangkannya Peraturan KPU Nomor 02 tentang Jadwal, Tahapan, Program Pelaksanaan Pilkada pada tanggal 14 April lalu, menjadi titik awal dimulainya tahapan Pilkada di Ngada.

 
Lahirnya UU nomor 8 tahun 2015 mengamanatkan bahwa Pilkada secara langsung dan demokratis mengisyaratkan bahwa rakyat adalah pemegang kedaulatan. Oleh karena itu, rakyat memiliki hak dalam menentukan pilihannya secara demokratis.

 
Bupati Ngada Marianus Sae mengatakan, Pilkada adalah salah satu sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilakukan secara langsung, umum bebas, dan rahasia, jujur, dan adil. Melalui Pilkada hak politik setiap warga negara mendapat penegasan dalam kehidupan berdemokrasi.

 
Dia menekankan bahwa yang bertanggung jawab secara formal adalah KPU dan jajarannya. Namun, Pemkab Ngada berkewajiban memberikan dukungan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kegiatan itu juga merupakan momen penting dan strategis karena semua masyarakat diajak untuk memiliki komitmen yang sama dalam menyukseskan Pilkada Ngada secara bermartabat demi perubahan.

 
Kepada penyelenggara, Bupati Marianus mengimbau agar dapat menyosialisasikan Pilkada secara baik kepada masyarakat, agar dapat memahami tentang tahapan, program, dan jadwal pelaksanaannya. selanjutnya bagi para peserta Pilkada dan parpol untuk dapat memanfaatkan kegiatan itu juga untuk kepentingan pendidikan politik bagi masyarakat dengan berpartisipasi aktif dalam menyukseskan jalannya proses Pilkada Ngada.

 
Pada kesempatan itu dilangsungkan juga serahterima data agregat kependudukan dari Bupati Marianus Sae kepada KPU Kabupaten Ngada, sekaligus penyerahan secara simbolis hibah anggaran Pilkada sebesar Rp 14 miliar. (mg-02/R-2)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz