Minggu, 22 April 2018 | 18:13
7

Esthon Tuai Dukungan

PENGAKUAN Esthon Leyloh Foenay bahwa dirinya siap maju dalam Pilkada Kota Kupang tahun depan, terus menuai dukungan. Dukungan kali ini datang dari Ketua Persehatian Orang Timor (POT) NTT Jonathan Nubatonis dan Ketua Forum Komunikasi Persehatian Atoin Meto (FK-PAM) Gustaf Oematan.

 
Kepada VN secara terpisah, Senin (13/4) semalam, kedua tokoh etnis Timor di Kota Kupang ini, mendukung langkah Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi NTT tersebut, untuk maju bertarung dalam suksesi Kota Jupang. Jonathan Nubatonis menilai, dengan segala pengalamannya dalam birokrasi pemerintahan, Esthon layak memimpin sekaligus memajukan Kota Kupang.

 
“Secara pribadi saya mendukung (Esthon) untuk maju menjadi Wali Kota. Namun sebagai Ketua POT, tentunya saya menunggu suara dari masyarakat Timor karena tugas ketua adalah melaksanakan suara anggota,” ungkapnya. Gustaf Oematan mengaku bersyukur karena Esthon akhirnya menyatakan diri siap maju. “Pak Esthon pernah mengatakan kepada saya tidak ingin maju, namun jika perkembangan selanjutnya beliau ingin maju, maka saya dukung penuh,” tegasnya.

 
Alasannya, lanjut Gustaf, setiap orang memiliki hak untuk maju dan dicalonkan menjadi Wali Kota. Selain itu, Esthon mempunyai waktu yang banyak untuk bekerja dan tentunya peluangnya lebih besar. Kader Terbaik Hal senada disampaikan Koordinator Lopo Demokrasi Indonesia Raya Provinsi NTT Isidorus Lilijawa. Menurut mantan anggota DPRD Kota Kupang dari Gerindra ini, Esthon adalah kader terbaik partai dan sangat layak memimpin Kota Kupang.

 
“Provinsi saja beliau bisa memimpin dengan sangat baik, tentunya di kota yang scope-nya lebih kecil, beliau bisa jauh lebih baik pimpin dan membawa perubahan di Kota Kupang,” ujarnya. Proses perekrutan dari partai, lanjutnya, memang belum dimulai karena masih harus menunggu setahun lagi.

 

Namun ia sangat yakin, partai akan mendukung kader terbaiknya itu untuk posisi Wali Kota. Karena itu, lanjut mantan Sekretaris DPC Gerindra Kota Kupang ini, simpatisan dan kader Gerindra bertekad bertarung di Kota Kupang untuk menang bukan sekadar ikut pesta politik. “Pada saatnya partai akan proses dan yang terbaiklah yang kita support,” tegasnya.

 
Pengamat politik UMK Dr Ahmad Atang mengatakan, sebagai warga Kota Kupang, Esthon punya hak untuk mencalonkan diri. “Dan sebagai ketua partai besar, Esthon memiliki modal politik yang jauh lebih besar untuk maju jadi calon Wali Kota,” jelasnya. Informasi yang dieroleh VN di gedung Dewan Kota Kupang menyebutkan, empat parpol sudah mendekati Esthon untuk mengajak bergabung dalam sebuah koalisi besar bernama “Koalisi Rakyat Kota Kupang”.

 
Empat parpol di luar Gerindra tersebut, menurut sumber, mendapat instruksi langsung dari DPP partai masing-masing untuk mengalihkan dukunganmereka kepada Esthon.  Dukungan empat parpol inilah yang membuat beliau (Esthon) akhirnya tidak bisa menolak. Mereka siap memenangkan Gerindra karena di salah satu media lokal NTT, Ketua DPD PDIP sesumbar bilang mau
sapu bersih di pilkada serentak di NTT na,” sebut sumber. (ayu/M-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz