Sabtu, 21 April 2018 | 19:33
05

Enam Rumah Ludes Terbakar

ENAM unit rumah warga di Jalan Gajah Mada, RT 05/RW 08, Kampung Kabor, Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, ludes terbakar, Selasa (7/4) pukul 04.30 Wita. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

 

Berdasarkan penuturanwarga di lokasi kebakaran, sumber api diduga berasal dari rumah kontrakan milik Yulius Baskoro. Api dengan cepat merambat ke rumah lainnya yang letaknya berdekatan.
Warga berusaha menyelamatkan harta benda agar tidak terbakar. Meski demikian, tak semua barang milik warga yang bisa diselamatkan akibat kepanikan warga.

 

Mobil pemadam kebakaran baru tiba satu jam setelah kejadian. Sebelumnya warga berusaha memadamkan kobaran api secara manual. Akibatnya, keenam rumah ludes, hanya tersisa puingnya
saja. Pantauan VN, arus lalu lintas kendaraan di Jalan Gajah Mada lumpuh total selama dua jam karena dipenuhi oleh para korban, wanita, anakanak dan para lansia bersama barang-barang yang berhasil diselamatkan.

 
Saksi mata Urbanus, mengatakan, saat itu ia sedang berkemas hendak ke Pasar Alok karena ia adalah penjual daging. Saat itulah ia melihat kepulan asap tebal di rumah Yulius Baskoro. “Saya langsung teriak sehingga semua bangun bantu padamkan api, tapi api cepat sekali membesar dan merambat ke rumah lain,” katanya.

 
Data yang dihimpun di lokasi kebakaran, enam rumah yang terbakar itu dihuni oleh Frumensius Rawinto (enam jiwa), H Mulyono (lima jiwa), rumah Hendro (empat jiwa) yang adalah rumah kontrakan milik Fernandez Soa, rumah Firginus Sade (lima jiwa) dan rumah Wily Sanggonggong (dua jiwa) yang adalah rumah kontrakan milik Yulius Baskoro.

 
Kepala BPBD Sikka Silvester Tibo yang memimpin langsung anggota Damkar di lokasi kebakaran mengatakan, enam unit rumah yang terbakar itu ada yang sudah dibangun kios dan rumah
makan. “Data kerugian belum bisa dipastikan, namun mencapai ratusan juta rupiah,” katanya.

 
Ia berjanji akan segera mengupayakan bantuan emergensi untuk para korban kebakaran. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial setempat untuk membantu para korban kebakaran. (nus/D-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz