Kamis, 26 April 2018 | 23:37
11

Ekspedisi NKRI Bantu Bangun Rumah Warga

TIM Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Koridor Nusa Tenggara Sub Korwil 07/Alor kembali memberikan hasil nyata dalam pengabdiannya untuk membantu masyarakat Kabupaten Alor. Tim yang dipimpin Letda (Inf) Arsad dari Yonif Raider 600 Dam VI Mulawarman bergotong royong membangun rumah warga Umapura, Pulau Ternate, Kecamatan Alor Barat Laut, Senin (20/4).

 
Tim Media Subkorwil-07/Alor, Citra Putri Sakinna dalam surat elektroniknya kepada VN di Kalabahi, Senin (20/4) mengatakan, rumah yang mendapatkan dana bantuan untuk rehabilitasi ini berjumlah 15 rumah. 13 unit rumah sudah selesai dikerjakan.

 
“Rumah Bapak Maskurali, merupakan rumah yang ke- 14 yang dikerjakan. Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI sudah ikut serta membangun sejak tanggal 9 April lalu, mulai dari pemasangan fondasi hingga pemasangan atap yang dilaksanakan hari ini,” ungkap Citra.

 
Dia mengatakan, salah satu bentuk pengabdian ke masyarakat di bidang fisik ini merupakan tujuan awal tim selama ekspedisi di Alor. Selain itu, tim juga memberikan kegiatan non fisik seperti mengajar di sekolah-sekolah.

 
“Di sela-sela pembangunan rumah itu, Tim Ekspedisi NKRI memberikan materi tentang peraturan baris-berbaris, tata tertib berlalulintas dan sosialisasi tentang bahaya narkoba di SMP Negeri Ternate,” katanya.

 
Ia menuturkan, pengabdian masyarakat adalah suatu gerakan proses pemberdayaan diri untuk kepentingan masyarakat. Menurutnya, pengabdian masyarakat seharusnya bersifat kontinual dan jangka panjang, karena dalam membangun sebuah masyarakat dibutuhkan proses yang panjang.

 
“Banyak aspek yang harus disentuh untuk menjadikan suatu masyarakat itu baik. Karakter, budaya, sampai pola pikirnya juga harus kita sentuh untuk benar-benar menciptakan sebuah masyarakat yang beradab. Bentuk pengabdian masyarakat juga variatif, tak selalu terpaku pada bakti sosial kilat dengan sembako seadanya seperti yang dilakukan partai-partai politik menjelang pemilu,” ujar Citra.

 
Peserta tim ekspedisi, Ricky P Indrawan menambahkan, dengan membentuk masyarakat yang maju, maka secara tak langsung akan terbentuk pula sebuah peradaban yang maju, karena sebuah peradaban berawal dari kumpulan masyarakat yang saling mempengaruhi dan melengkapi.

 

“Seandainya ada satu saja masyarakat yang baik, maka kebaikannya akan menular pada masyarakat yang lain dan sampai akhirnya seluruh masyarakat akan baik. Kemajuan masyarakat itulah yang menjadi tujuan utama dari Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI,” katanya. (pol/R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz