Jumat, 27 April 2018 | 08:39
30

Dusun Wolomude Siap Jadi Desa Persiapan

MASYARAKAT Dusun Wolomude, menyatakan kesiapannya menjadi Desa Persiapan Rebubait, untuk dimekarkan dari Desa Teka Iku, dalam rangka mendekatkan pelayanan dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.  Demikian dikatakan Kepala Desa Teka Iku Lauresius Vensi dalam acara reses anggota DPRD Sikka di wilayah Desa Teka Iku, Sabtu (25/4).

 
“Kami sudah siapkan proposalnya dan dalam waktu dekat kami akan ajukan kepada pemerintah untuk dipertimbangkan,” kata Vensi.  Ia menyampaikan, secara administrasi Dusun Wolomude sudah layak menjadi desa persiapan, karena dari segi jumlah penduduk di wilayah tersebut sudah mencapai 368 kepala keluarga (KK). Selain itu, masyarakat juga sudah menyiapkan lahan seluas satu hektare yang dihibahkan untuk dijadikan lokasi pembangunan kantor desa di Helakabor, Wolomude.

 
Menurutnya, untuk bidang pertanian, masyarakat Wolomude meminta perhatian dan pendampingan dari dinas teknis terkait dalam pengembangan tanaman kakao yang potensinya cukup menjanjikan. Sedangkan di bidang kesehatan, Dusun Wolomude harus menempuh jarak yang cukup jauh dengan topografi tingkat kemiringan yang terjal untuk mencapai Poskesdesa dan Polindes yang terletak di pusat Desa Teka Iku.

 
Kepala SDK Wolomude Egenius Efendi mengatakan, di bidang pendidikan, wilayah Wolomude kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Hingga saat ini, guru PNS di SD Wolomude hanya lima orang. Akibatnya, kata Efendi, efektivitas kegiatan belajar mengajar (KBM) pada enam rombongan belajar kurang maksimal.

 
Faustinus Vasco, anggota DPRD Sikka yang melakukan reses di wilayah tersebut mengatakan, niat pemekaran Wolomude akan dikoordinasikan dengan pemerintah serta dibahas dalam rapat DPRD Sikka.

 
Sedangkan di bidang pertanian, menurut Vasco, Pemerintah Desa Teka Iku segera berkoordinasi dengan dinas teknis agar memperoleh tanaman kakao. Sebab, ada alokasi dana Rp 10 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pengembangan tanaman kakao di Kabupaten Sikka.  “Secara pribadi saya sangat mendukung pemekaran Dusun Wolomude menjadi Desa Persiapan. Sebagai perwakilan rakyat di DPRD, saya akan mengawal semua aspirasi masyarakat yang disampaikan,” katanya. (nus/R-3)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz