Kamis, 26 April 2018 | 23:29
5

DPRD Sikka Serahkan Catatan Kritis

DPRD Kabupaten Sikka menyerahkan 164 poin catatan kritis kepada Bupati Sikka dalam rapat paripurna, Kamis (23/4). Catatan kritis yang telah dikaji secara objektif, cermat, dan cerdas tersebut diharapkan diperhatikan oleh Bupati Sikka, demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

 
Ketua DPRD Kabupaten Sikka Rafael Raga mengatakan, rekomendasi tersebut bukanlah catatan kosong tanpa makna. Rekomendasi tersebut sejatinya merupakan wujud pelaksanaan fungsi kontrol yang dilakukan DPRD Kabupaten Sikka.

 
Salah satu rekomendasi, kata Rafael Raga, terkait masih rendahnya pencapaian kinerja sesuai RPJMD, serta visi dan misi Bupati-Wakil Bupati Sikka. “Sebagai mitra yang sinergis tanpa intervensi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi, DPRD Sikka berterima kasih karena Pemkab Sikka telah berupaya memberikan yang terbaik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sikka,” katanya.

 
Catatan kritis lainnya yang dibacakan Sekretaris Dewan (Sekwan) Yakuripa, yakni pemerintah harus melakukan koordinasi dengan seluruh SKPD sebelum penyampaian LKPJ kepada DPRD Sikka, sehingga ke depannya tidak terjadi perbedaan data antara LKPJ dengan laporan data dari masing masing SKPD pada saat pembahasan di Pansus.

 
Selain itu, DPRD juga menekankan berbagai kegiatan atau program pembanguan yang realisasinya tidak mencapai 100 persen diakibatkan  perencanaan yang buruk, dan lemahnya kemampuan SKPD dalam mengelola anggaran. Bupati Sikka diminta kembali mengevaluasi kinerja pada masing masing SKPD, dan setiap kegiatan sosialisasi, monitoring, dan evaluasi pada setiap SKPD harus berpedomana pada aturan yang berlaku.

 
Terhadap kegiatan atau program yang realisasinya sangat rendah, ke depan pemerintah harus memperhitungakan nilai anggaran proyek secara cermat sesuai dengan kebutuhan ril. (nus/R-2)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz