Jumat, 27 April 2018 | 08:57
6

Dewan Terus Persoalkan Tim Pakar

MESKI sudah dikukuhkan dengan surat keputusan Ketua DPRD NTT, keberadaan Tim Pakar yang beranggota 20 orang masih menuai keraguan dan protes di kalangan Dewan. Ini mengindikasikan bahwa pembentukan dan pengukuhan Tim Pakar tidak transparan.

 
Anggota Dewan dari Fraksi Demokrat, Boni Jebarus kepada VN, Minggu, (12/4), mengatakan, siapa pun yang masuk Tim Pakar harus memiliki kualifikasi, yakni akademisi aktif di kampus dan bertitel doktor (S3). “Perekrutan Tim Pakar mestinya memperhatikan kualifikasi yang saya sebutkan itu. Memang belum ada di Tatib tapi harus diperhatikan karena yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja Dewan adalah yang benar-benar ahli,” katanya.

 
Dari 20 anggota Tim Pakar, kata dia, tidak semuanya dikategorikan pakar. beberapa di antaranya hanya sebagai praktisi dan bukan akademisi aktif. “Praktisi itu beda dengan pakar. Praktisi adalah orang yang punya skill dan keterampilan tertentu, bukan ahli. Punya skill belum tentu ahli di bidangnya,” tegasnya.

 
Ketua Fraksi PKB Yucundianus Lepa mengatakan, sebenarnya dia tidak meragukan kepakaran para anggota Tim Pakar. Dia hanya menilai, dari para pakar yang ada belum memenuhi kualifikasi sesuai kebutuhan alat kelengkapan Dewan (AKD). Ia mencontohkan, untuk Komisi II yang berurusan dengan enam tekad pembangunan Pemprov NTT, mestinya memiliki pakar yang berkaitan
dengan bidang tekad tersebut. “Jadi masih harus ditambah lagi dan dirombak lagi Tim Pakar yang ada,” tegasnya.

 
Anggota Dewan dari NasDem Aleks Ofong mengatakan, Tim Pakar yang ada saat ini sudah ditetapkan, juga disepakati tata nilai, tata kerja dan mekanisme kerja bersama Dewan. Relevansinya bagi Dewan saat ini adalah memanfaatkan Tim Pakar untuk membantu Dewan menghasilkan kebijakan bagi pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan.

 
“Termasuk yang paling urgen adalah bersama Pansus menilai LKPj Gubernur TA 2014. Saya percaya integritas Tim Pakar dibaktikan untuk NTT sehingga objektivitas, profesional, dan proporsionalitas niscaya ditunjukkan dalam kerja mereka,” katanya. (yan/D-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz