Senin, 23 April 2018 | 19:45
22

Butuh Pengawal Peradilan Berintegritas

PENDAFTARAN calon Komisioner Komisi Yudisial (KY) periode 2015-2020 segera dibuka pada 8-28 April. Tujuh nama kandidat bakal diserahkan kepada Presiden setelah seleksi dilakukan dengan ketat. Diharapkan, bakal didapat generasi baru pemantau peradilan yang kuat.

 
“Kami berharap yang terpilih adalah yang memiliki integritas, kompetensi, dan leadership. Karena kita sangat berharap penegak hukum akan lebih baik lagi dan juga kita bisa mendapat orang-orang yang akan berusaha semaksimal mungkin mengawal penegakan hukum,” kata Ketua Pansel KY Harkristuti Harkrisnowo, di gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (6/4).

 
Tahapan pendaftarannya adalah, tahap masa 15 hari pendaftaran, kedua, seleksi administrasi pada 29 April hingga 21 Mei. Ketiga, seleksi kualitas dan integritas serta kesehatan calon, akhir Juli. Tujuh nama terbaik kemudian akan diserahkan kepada Presiden untuk dipertimbangkan, setidaknya pada Agustus.

 
Informasi soal pendaftarannya dilakukan lewat media massa serta laman setneg.go.id. Dirjen Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM itu juga berharap masyarakat memberi masukan dan infromasi mengenai kandidat yang mendaftar itu. Tujuannya, Pansel bisa meneliti lebih jauh soal integritas calon itu.

 
Pembentukan Pansel tersebut dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Komisi Yudisial. Berdasarkan laman setkab.go.id pada Kamis (26/2), Keppres tersebut ditandatangani oleh Jokowi pada 23 Februari.

 
Keppres tersebut menetapkan Harkristuti sebagai Ketua Pansel merangkap anggota. Akademisi Yuliandri ditunjuk sebagai Wakil Ketua merangkap anggota. Selain itu, ada akademisi Mustafa Abdullah dan Topo Santoso, tokoh masyarakat Asep Rahmat Fajar MA, Mantan Hakim MK Maruarar Siahaan, serta praktisi hukum Ahmad Fikri Assegaf. Sebagai Sekretaris Pansel KY adalah Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan. (mi/R-2)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz