Kamis, 26 April 2018 | 23:27
33

Bupati Blusukan ke Pasar Waimangura

BUPATI Sumba Barat Daya (SBD) Markus Dairo Talu (MDT) melakukan blusukan ke Pasar Waimangura di Kecamatan Wewewa Barat, Sabtu (25/4) siang. Kunjungan itu untuk melihat dan mengecek secara langsung kondisi pedagang dan Pasar Waimangura.

 

Pada kesempatan tersebut, MDT juga berdialog dengan para pedagang. Kepada pedagang dia menyampaikan bahwa pasar tersebut akan direnovasi tahun ini dengan bantuan dana dari Pemerintah Pusat. Menurut MDT, akan ada bantuan dana dari Pemerintah Pusat untuk melakukan perbaikan, penataan, dan pembangunan Pasar Waimangura. “Tahun ini kita dapat bantuan Rp 5 miliar dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk perbaiki dan menata Pasar Waimangura supaya pedagang bisa punya tempat berjualan yang baik di dalam pasar,” ujarnya.

 
Menurutnya, pasar adalah aset vital dan sentra ekonomi masyarakat, sehingga perlu diperhatikan dan ditata dengan baik demi kenyamanan bertransaksi. Ia juga meminta para pedagang tidak boleh berjualan lagi di pinggir badan jalan karena sangat menganggu jalur lalulintas yang dapat menyebabkan kemacetan di depan pasar.

 
“Bapa mama sekalian, saya harap untuk jangan lagi jual di pinggir jalan, tapi harus masuk dan tempati lokasi dalam pasar untuk berjualan,” ucapnya. Bupati menegaskan, para pedagang tidak akan dizinkan untuk berjualan di pinggir jalan. Jika tetap berjualan di pinggir jalan, maka lapak akan dibongkar paksa. Untuk itu, para pedagang harus pindah ke dalam area pasar.

 
“Jika tidak pindah ke dalam, maka tidak akan didata untuk mendapatkan tempat dan los untuk berjualan di dalam jika pasar sudah selesai direnovasi dan dibangun tahun ini,” paparnya.
Pada kesempatan tersebut, MDT juga meminta para pedagang untuk memperhatikan kebersihan agar kondisi pasar tetap bersih dan nyaman. Dengan begitu, aktivitas penjual dan pembeli dalam pasar dapat berjalan lancar.

 
Salah satu pedagang Pasar Waimangura Christina Ledengalu mengharapkan agar pembangunan pasar yang dijanjikan Bupati MDT segera direalisasikan, sehingga para pedagang memperoleh tempat berjualan yang layak di area pasar.

 
“Kami ucapkan terima kasih kalau pemerintah sudah mau perbaiki pasar supaya kami bisa dapat tempat baik untuk jual di dalam,” ujarnya. Christina juga berterima kasih karena Bupati yang meluangkan waktu untuk bertemu dan melihat langsung kondisi pedagang dan Pasar Waimangura. Kunjungan itu, katanya, diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan merealisasikan pembangunan dan penataan Pasar Waimangura agar menjadi lebih baik.

 
Penjual lainnya, Mama Indi juga mengungkapkan hal yang sama. Dia berharap, pembangunan pasar secepatnya dilakukan agar para pedagang memiliki lapak berjualan yang layak di dalam pasar. “Terima kasih kalau pemerintah sudah perhatikan dan mau benahi ini untuk kami,” katanya. (R-1)

Baca Juga :

Komentar Anda

avatar

wpDiscuz