Sabtu, 21 April 2018 | 19:23
02

BPJS Kesehatan Gencarkan Sosialisasi

BADAN Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kupang terus memberikan pemahaman akan pentingnya menjadi peserta BPJS Kesehatan dengan melakukan sosialisasi kepada
masyarakat Kota Kupang. Senin (30/3), BPJS Kesehatan melakukan pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Kota Kupang untuk menyosialisasikan pentingnya BPJS.

 
Pertemuan yang dilaksanakan di Kupang Beer and Barell itu dihadiri pihak perusahaan baik BUMD maupun BUMS. Lima narasumber menjadi pembicara pada kesempatan itu yakni Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kupang Fransiscus Pareira dari Asosiasi Pengusaha Indonesia Kota Kupang, RSUD WZ Johannes Kupang, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Badan
Perizinan Kota Kupang.

 
Kepala BPJS Cabang Kupang Fransiscus Pareira pada kesempatan itu mengatakan, mulai 1 Januari 2019 nanti semua masyarakat wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan. Karena itu, jauh-jauh hari pihaknya terus melakukan sosilisasi yang bertujuan memberikan pemahaman secara perlahan kepada masyarakat untuk bisa bergabung manjadi peserta BPJS Kesehatan.

 
“Menjadi anggota BPJS Kesehatan sifatnya gotongroyong yaitu kuat membantu yang dan yang sehat membantu yang sakit,” jelasnya. Pareira menjelaskan, pihaknya telah melakukan sosialisasi hingga ke tingkat RT/RW. Namun, tidak sedikit masyarakat juga yang belum mendapatkan sosialiasasi. Wilayah NTT terlalu luas, tidak sebanding personel yang dimiliki BPJS Kesehatan Cabang Kupang.

 
“Karena itu, kita berharap masayarakat bisa laporkan kepada kami jika mereka belum mendapatakn sosialisasi. Kalau dapat laporan, maka dengan senang hati kami akan melayani,” tandasnya. Salah satu peserta sosialisasi, Alvian mengatakan, sosialisasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Kupang tersebut sangat bermanfaat.

 

Sebab, hingga kini masih banyak masyarakat yang belum memahami mekanisme menjadi peserta BPJS, mulai dari pendaftaran sampai pada proses pelayanannya. “Penting sosialisasi tatap muka seperti ini, sehingga yang belum jelas kita bisa tanya,” tambahnya. (mg-05/R-1)

Baca Juga :